Wow! 5 Fakta Sejarah Indonesia sebagai Negara yang Memiliki Pelaut Hebat

Wow! 5 Fakta Sejarah Indonesia sebagai Negara yang Memiliki Pelaut Hebat

-unsplash-

3. Catatan Sejarah dari Bangsa Asing

Bangsa asing yang pernah berkunjung ke Indonesia juga mencatat tentang kemampuan pelaut Indonesia. Marco Polo, seorang penjelajah asal Italia yang pernah berkunjung ke Indonesia pada abad ke-13, mencatat bahwa bangsa Indonesia adalah pelaut yang hebat. Ia mengatakan bahwa bangsa Indonesia mampu berlayar ke berbagai wilayah di Asia dan Afrika.

Catatan sejarah dari bangsa asing lainnya juga menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah pelaut yang hebat. Ibnu Batutah, seorang penjelajah asal Maroko yang pernah berkunjung ke Indonesia pada abad ke-14, mencatat bahwa bangsa Indonesia memiliki kapal-kapal yang besar dan kuat. Ia juga mencatat bahwa bangsa Indonesia mampu berlayar ke berbagai wilayah di Asia, bahkan hingga ke Eropa.

 

4. Keberadaan Kerajaan-Kerajaan Maritim

Indonesia pernah memiliki berbagai kerajaan maritim yang besar dan kuat. Kerajaan-kerajaan ini memiliki armada laut yang kuat dan mampu menguasai wilayah maritim di Asia Tenggara. Beberapa kerajaan maritim yang terkenal di Indonesia antara lain Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Majapahit, dan Kerajaan Aceh.

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim yang kuat yang menguasai wilayah maritim di Asia Tenggara pada abad ke-7 hingga abad ke-13. Kerajaan Majapahit juga merupakan kerajaan maritim yang kuat yang menguasai wilayah maritim di Asia Tenggara pada abad ke-14 hingga abad ke-16. Kerajaan Aceh juga merupakan kerajaan maritim yang kuat yang menguasai wilayah maritim di Asia Tenggara pada abad ke-16 hingga abad ke-19.

 

5. Keberadaan Pelabuhan-Pelabuhan Besar

Indonesia memiliki banyak pelabuhan besar yang telah digunakan sejak zaman dahulu. Pelabuhan-pelabuhan ini digunakan untuk perdagangan dan transportasi antarpulau. Beberapa pelabuhan besar yang terkenal di Indonesia antara lain Pelabuhan Sunda Kelapa, Pelabuhan Tanjung Priok, dan Pelabuhan Makassar.

Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan pelabuhan penting yang digunakan oleh Kerajaan Sriwijaya. Pelabuhan Tanjung Priok merupakan pelabuhan terpenting di Indonesia saat ini. Pelabuhan Makassar merupakan pelabuhan penting yang digunakan oleh Kerajaan Gowa-Tallo.

 

Dari berbagai fakta sejarah tersebut, dapat disimpulkan bahwa Indonesia merupakan negara pelaut hebat. Bangsa Indonesia memiliki kemampuan teknik, navigasi, dan kemaritiman yang tinggi. Hal ini telah dibuktikan dengan berbagai peninggalan sejarah, catatan sejarah dari bangsa asing, keberadaan kerajaan-kerajaan maritim, dan keberadaan pelabuhan-pelabuhan besar. Bagaimana pendapatmu?. (*)

 

Sumber: