Wow! 5 Fakta Sejarah Indonesia sebagai Negara yang Memiliki Pelaut Hebat

Wow! 5 Fakta Sejarah Indonesia sebagai Negara yang Memiliki Pelaut Hebat

-unsplash-

MEMORANDUM - Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi maritim yang besar. Sejak dahulu, bangsa Indonesia telah dikenal sebagai pelaut yang hebat. 

Hal ini dibuktikan dengan berbagai peninggalan sejarah, seperti candi-candi yang dibangun di atas laut, Prasasti Yupa yang menyebutkan ekspedisi laut Mahapatih Gajah Mada, serta berbagai catatan sejarah dari bangsa asing.

 

Berikut 5 fakta sejarah yang membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara pelaut hebat.

1. Candi Borobudur Dibangun di Atas Laut

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra. Candi ini dibangun dengan menggunakan batu andesit yang diambil dari sungai Progo yang terletak sekitar 30 kilometer dari lokasi candi.

Pembangunan Candi Borobudur membutuhkan waktu yang sangat lama, yaitu sekitar 75 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki kemampuan teknik yang tinggi dalam bidang maritim. Batu andesit yang digunakan untuk membangun candi ini dibawa menggunakan kapal laut dari sungai Progo ke lokasi candi.

BACA JUGA:Mengenal Festival Lampion pada Perayaan Waisak di Candi Borobudur

BACA JUGA:Musuh Para Pelaut! Inilah 5 Bajak Laut yang Terkenal Bengis dan Suka Menjarah

2. Prasasti Yupa Menyebutkan Ekspedisi Laut Mahapatih Gajah Mada

Prasasti Yupa merupakan prasasti peninggalan Kerajaan Kutai yang terletak di Kalimantan Timur. Prasasti ini ditulis pada abad ke-4 dan menyebutkan tentang ekspedisi laut yang dipimpin oleh Raja Mulawarman. Ekspedisi laut ini dilakukan untuk menyebarkan agama Hindu dan menjalin hubungan diplomatik dengan kerajaan-kerajaan lain di Asia Tenggara.

Ekspedisi laut ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia telah memiliki kemampuan navigasi yang tinggi. Mereka mampu berlayar ke berbagai wilayah di Asia Tenggara, bahkan hingga ke India.

BACA JUGA:Ngeri! Inilah 5 Pelaut Zaman Dulu yang Hebat dan Tak Terkalahkan

 

Sumber: