Jarang Diketahui, 5 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh

Jarang Diketahui, 5 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh

khasiat daun manga--

SURABAYA, MEMORANDUM - Daun mangga sendiri adalah bagian tanaman yang digunakan sangat banyak untuk obat karena memiliki kandungan senyawa kimia yang dapat digunakan untuk pengobatan, terutama sebagai sumber antioksidan.

BACA JUGA:Fakta Unik Arti Mimpi Makan Daun Kelor

Berikut Berbagai Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan tubuh :

1. Membantu mengatasi diabetes

Manfaat daun mangga ini berasal dari zat fitokimia di dalamnya. Senyawa tersebut mengandung alkaloid, flavonoid, saponin dan fenol yang berperan sebagai antioksidan. 

2. Menurunkan tekanan darah

Daun mangga bersifat antihipertensi yang dapat membantu mengontrol dan menurunkan tekanan darah. Caranya dengan memperkuat pembuluh dan mengobati masalah pada pembuluh darah.

BACA JUGA:Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

3. Membantu mengatasi batu ginjal

Untuk mengatasi gejala batu ginjal, giling daun mangga sampai halus dan dikeringkan di tempat teduh. Campurkan dengan air dan simpan semalaman. Konsumsi di pagi hari untuk memecahkan batu dan membuangnya lewat aliran urine.

4. Mengatasi gangguan pernapasan

Konsumsi air rebusan daun mangga. Tambahkan sedikit madu untuk menambah cita rasa manis sekaligus memaksimalkan penyembuhan penyakit.

5. Membantu mengatasi disentri

Untuk mengatasi keluhan disentri, kamu bisa menggunakan seduhan daun mangga. Caranya, keringkan daun terlebih dulu. Kemudian blender sampai halus dan campurkan ke dalam secangkir air hangat. Konsumsi sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Sumber: