Waspada! Hujan Sedang-Lebat disertai Petir dan Angin Kencang Mulai Landa Wilayah Jatim

Waspada! Hujan Sedang-Lebat disertai Petir dan Angin Kencang Mulai Landa Wilayah Jatim

Ilustrasi hujan.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Meski SURABAYA mulai diguyur hujan, namun kondisi cuaca saat ini masih memasuki masa pancaroba, Minggu, 5 November 2023.

Awal musim penghujan diprakirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya akan terjadi pada akhir November-awal Desember.

Kepala Kelompok Unit Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Ady Hermanto mengatakan, saat ini Jawa Timur khususnya wilayah Surabaya memasuki masa pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

BACA JUGA:Tak Kunjung Turun Hujan, Siswa SD bersama Ranting NU Kepatihan Jombang Lakukan Salat Istisqa

“Untuk awal musim penghujan masih sesuai dengan informasi yang telah dirilis, antara akhir November dan awal Desember,” kata Ady Hermanto.

Selama masa pancaroba ini, kata Ady, cuaca ditandai dengan hujan berintensitas sedang hingga lebat. Selain itu, juga disertai kilat dan petir.

Kendati demikian, potensi cuaca esktrem belum akan terjadi. Termasuk di wilayah pesisir. Pihaknya memprediksi masih dalam kategori klimatologis.

BACA JUGA:Jelang Musim Hujan, Proyek Saluran dan Pavingisasi di Surabaya Dikebut

“Masih dalam kategori klimatologisnya. Jadi belum dapat dikatakan cuaca ekstrem. Untuk wilayah pesisir masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang, terutama pada saat siang dan sore hari,” terangnya.

Terakhir, Ady berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan dan selalu mengupdate informasi BMKG yang diperbaharui setiap hari.

Juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kondisi tubuh serta stamina dalam menyongsong musim pancaroba dan awal musim penghujan.

BACA JUGA:Doa Memohon Turun Hujan Lengkap Arab, Latin dan Terjemahnya

“Jika terjadi hujan deras disertai petir dan angin kencang, kita imbau untuk tidak berteduh di bawah pohon dan di bawah baliho. Sebisa mungkin berteduh di bangunan yang kokoh,” pungkasnya.(bin)

Sumber: