Program Kerja KKNT UPN Veteran Jawa Timur Kelompok 1 Randuputih, Probolinggo

Program Kerja KKNT UPN Veteran Jawa Timur Kelompok 1 Randuputih, Probolinggo

Kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok KKNT kelompok 1 UPNVJT sendiri adalah dengan melakukan sosialisasi serta penyuluhan.--

Kolaborasi KKNT UPNVJT dan BKKBN dalam Mewujudkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Lingkungan SDN Randuputih 1

Oleh: Gustav Ahmadi

Program kerja dari KKNT kelompok 1 Randuputih UPN Veteran Jawa Timur kali ini memfokuskan pada pola hidup bersih dan sehat atau PHBS. Program kerja yang telah dilaksanakan sejak 31 Oktober 2023 ini berlokasi di SDN Randuputih 1. 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok KKNT kelompok 1 UPNVJT sendiri adalah dengan melakukan sosialisasi serta penyuluhan dengan tema “sanitasi dan PHBS”. Kegiatan tersebut telah dimulai mulai tanggal 31 Oktober 2023 tepatnya di hari selasa dan ditanggal 1 Novermber hari rabu dengan sasaran seluruh siswa dan siswi kelas 4, 5, dan 6 di SDN Randuputih 1.

Awal kegiatan di dua hari tersebut adalah pengenalan awal dari sanitasi dan PHBS itu sendiri, dengan mendatangi satu persatu kelas. Kelas 4, 5, dan 6 dipilih karena dianggap sebagai kelas dengan memberikan contoh kepada adik – adik kelas tingkatnya akan kesadaran diri terhadap pola hidup bersih dan sehat.

BACA JUGA:Kerjasama Apik KKN-T Kelompok 1 Periode 2 UPN Veteran Jatim dan Perangkat Desa di Posyandu Remaja

Puncak acara dari kegiatan ini adalah penyuluhan serta pemamparan materi mengenai pentingnya sanitasi dan PHBS terutama di lingkungan sekolah. Kelompok 1 KKNT UPNVJT sendiri berkolaborasi dengan BKKBN kecamatan Dringu sebagai pemateri utama. Puncak acara kegiatan ini berlangsung di hari sabtu, 4 November 2023, dimulai dengan kegiatan bersih-bersih kelas, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang sanitasi dan PHBS oleh BKKBN.

BACA JUGA:KKN-T UPN Veteran Jatim Lakukan Garpu Sampah di Pantai Kampung Pelangi Probolinggo

Sebagai bukti akan keyakinan dari kelompok 1 KKNT UPNVJT sendiri terhadap perubahan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan SDN Randuputih 1, pihak dari kelompok KKNT memberikan kenang – kenangan berupa hand sanitizer beserta dengan botol pump yang dapat digunakan oleh seluruh warga sekolah setelah melakukan aktivitas diluar ruangan.

Setelah melaksanakan kegiatan ini, seluruh siswa dan siswi SDN Randuputih 1 mulai paham akan pentingnya sanitasi dan pola hidup sehat, dibuktikan bagaimana para siswa dan siswi SD dapat menjawab akan dampak serta akibat dari perilaku menjaga kebersihan dan pola hidup sehat. Harapannya setelah siswa dan siswi SDN Randuputih 1 mengikuti kegiatan ini dapat memberikan contoh atau setidaknya menjadi langkah awal bagi diri mereka sendiri dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat. (*)  

 

 

Sumber: