Berangkatkan Gerak Jalan Mojosuro, Gubernur Khofifah Sabet Rekor MURI

Berangkatkan Gerak Jalan Mojosuro, Gubernur Khofifah Sabet Rekor MURI

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri).--

MOJOKERTO, MEMORANDUM-Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) saat memberangkatkan gerak jalan MOJOKERTO-Surabaya, Sabtu, 4 November 2023 Penhargaan diberikan Gubernur Khofifah sebagai Pemrakarsa gerak jalan Mengarak Kain Merah Putih Terpanjang 178 Meter dengan menempuh jarak 55 KM.

Puluhan ribu peserta Gerak Jalan Mojokerto - Surabaya (GMS) yang digelar dalam rangka menyambut Hari Pahlawan sekaligus dalam rangka Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim di Lap. Raden Wijaya Surodinawan Kota Mojokerto.

GMS Tahun 2023 ini diikuti 8.041 peserta dari seluruh kelompok usia dan dari seluruh daerah. GMS juga dimeriahkan parade sepeda juang yang diikuti oleh 3.000 peserta sepeda kuno. 

BACA JUGA:Lupa Matikan Kompor, Dapur dan Rumah Tetangga di Malang Jadi Abu

Gerak jalan sepanjang 55 KM tersebut  diberangkatkan dari Lapangan Raden Wijaya Surodinawan Jl. Surodinawan No.74, Mergelo, Prajurit Kulon, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto peserta GMS akan finish di Tugu Pahlawan Surabaya.

BACA JUGA:Malam Ini, Nasib Erik ten Hag dalam Bahaya jika MU Kalah

"Selamat mengikuti gerak jalan, dan yang bersepada juga selama mengikuti pergerakan kepahlawanan yang begitu luar biasa. Mudah mudahan sehat, selamat sampai di tujuan, serta menyenangkan," ucap Khofifah saat memberangkatkan peserta gerak jalan.

Ia menyampaikan bahwa GMS ini menjadi bagian untuk napak tilas sejarah perjuangam dan kepahlawanan dari  episentrum nusantara yaitu dari Kerajaan Majapahit. Dimana, oleh Mahapatih Gajahmada dideklarasikan keinginan untuk menusantarakan  seluruh pulau pulau yang ada di seluruh Indonesia. 

"Terima kasih, dan selamat mengikuti Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya. Kita bangga karena kita akan berjalan dari titik Episentrum yaitu Kerajaan Majapahit yang merakit nusantara menjadi satu kesatuan dan menjadi napak tilas sejarah terbentuknya Indonesia atau nusantara. Dan finish di Tugu Pahlawan Surabaya," ungkapnya.

Didampingi Walikota Mojokerto Ika Puspitasari, Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati, dan Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, Gubernur Khofifah melepas ribuan peserta dengan mengangkat bendera sebagai pemberangkatan.

Sementara itu, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada Pemprov Jatim khususnya Gubernur Khofifah atas kembali terlaksananya Gerak Jalan Mojokerto Surabaya. Menurutnya, kegiatan ini akan meningkatkan aktifitas ekonomi masyarakat disepanjang Jalan di Kota Mojokerto yang dilewati oleh para peserta. 

"Saya yakin aktifitas ekonomi akan bangkit dan pulih seperti sedia kala. Semoga gerak jalan ini menjadi refleksi mengingat pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang untuk republik ini," tegasnya.(war)

Sumber: