Pawai Budaya dalam Rangka Sedekah Bumi di Bringkang, Menganti, Gresik Berlangsung Meriah

Pawai Budaya dalam Rangka Sedekah Bumi di Bringkang, Menganti, Gresik Berlangsung Meriah

Penampilan RT V yang ikut menyemarakkan pawai budaya dalam rangka sedekah bumi.--

GRESIK, MEMORANDUM- Pawai budaya dalam rangka sedekah bumi di Desa Bringkang, Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, Sabtu, 4 November 2023 berlangsung meriah.

Setiap RT di Bringkang berusaha tampil maksimal dengan baju adat dari seluruh Indonesia. Tidak ketinggalan warga juga mengarak hasil bumi seperti terong, mentimun, wortel, nanas dan lain-lain sebagai simbol hasil sedekah bumi atau ruwatan desa.

Acara pawai budaya start dari lapangan desa kemudian berkeliling dan kembali finish di lokasi yang sama. Tidak ketinggalan, parade sound dengan lagu-lagu hits yang tersebar di Tik-tok dan Reel Instagram memeriahkan acara.

BACA JUGA:6 Bahaya Cium Bayi Sembarangan yang Jarang Diketahui

RT V misalnya, mereka menampilan baju adat model keraton Jogyakarta dengan dominasi warna kuning untuk kaum perempuannya. Sedangkan laki-laki menggunakan atasan putih dan celana warna cerah. 

BACA JUGA:Hoaks! Mengkonsumsi Rebusan Tepung Kanji dan Gula Merah Bisa Sembuhkan Asam Lambung Akut

Sedangkan RT VII mengenakan baju adat Bali. Dengan dominasi warna merah dan ungu. Kesenian Reog juga ditampilkan di pawai ini.

BACA JUGA:Cocok Untuk Ide Jualan, Resep Es Krim Mochi 5 Bahan

Dedi Margianto, perwakilan RT V menyebut, mereka melakukan persiapan sekitar dua hari. Mulai dari ide, mendesign mobil dengan aneka hasil bumi hingga menentukan kostum.

“Kerja keras semua warga sehingga kami bisa tampil maksimal,” katanya.

Setelah pawai budaya, sedekah di Desa Bringkang bakal berlanjut dengan pementasan wayang kulit semalam suntuk yang akan digelar di balai Desa Bringkang. Malam sebelumnya juga digelar doa bersama dan selawatan di Balai desa. (*)

 

Sumber: