Yuk Mengenal Penyakit Autoimun: Penyebab, Gejala, dan Penanganannya

Yuk Mengenal Penyakit Autoimun: Penyebab, Gejala, dan Penanganannya

Penyakit autoimun adalah kondisi kronis yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat dalam tubuh sendiri. Ketahui lebih lanjut tentang penyebab, gejala, penanganan, dan komplikasi penyakit autoimun dengan membaca artikel ini.-Alodokter-

MEMORANDUM-Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyerang berbagai organ dan jaringan, termasuk kulit, sendi, saraf, dan organ dalam. Jadi apasaja penyebab, gejala dan penanganan dari penyakit autoimun?

Penyebab Penyakit Autoimun

Penyebab penyakit autoimun belum sepenuhnya diketahui, namun diperkirakan ada beberapa faktor yang dapat berperan, antara lain:

1. Faktor genetik: Beberapa penyakit autoimun memiliki riwayat keluarga, sehingga diduga ada faktor genetik yang berperan.

2. Faktor lingkungan: Paparan terhadap infeksi, polusi, atau bahan kimia tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit autoimun.

3. Faktor hormon: Hormon tertentu, seperti estrogen, dapat berperan dalam perkembangan penyakit autoimun.

4. Faktor gaya hidup: Kegemukan, kekurangan vitamin D, dan stres dapat meningkatkan risiko penyakit autoimun.

BACA JUGA:Sayur-Sayuran Ini Bisa Bantu Anda Hindari Penyakit Jantung

Gejala Penyakit Autoimun

Gejala penyakit autoimun dapat bervariasi, tergantung pada organ atau jaringan yang terkena. Beberapa gejala umum yang dapat terjadi meliputi:

• Lelah

• Nyeri sendi

• Demam

• Rasa lemas

Sumber: