Respon Keluhan Warga Medokan Ayu, Dinas PUSDABM Surabaya Lakukan Normalisasi Saluran Air

Respon Keluhan Warga Medokan Ayu, Dinas PUSDABM Surabaya Lakukan Normalisasi Saluran Air

Dinas PUSDABM Surabaya Lakukan Normalisasi Saluran Air--

SURABAYA, MEMORANDUM - Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Bina Marga (DPU SDABM) Kota Surabaya langsung merespon keluhan warga di Wilayah Medokan Ayu terkait normalisasi saluran air yang melintasi 4 RW.

Survey dilakukan pada Rabu, 1 November 2023 oleh tim dari DPU SDABM, dipimpin oleh Lutfis. Dalam pertemuan tersebut, 4 Ketua RW yakni RW 1, RW 2, RW 4 dan RW 10 menyampaikan permohonan agar saluran air tersebut dapat segera dinormalisasi.

Lutfis mengatakan, pelaksanaan normalisasi akan dilakukan secara manual karena dikhawatirkan terjadi sleding terhadap rumah-rumah yang berada di samping saluran.

"Pengerjaan akan dimulai dari saluran air yang berada di dekat outlet Kebon Agung, baru mengarah ke Utara hingga wilayah RW 2. Pelaksanaannya akan dimulai pada Kamis, 2 November 2023," ujar Lutfis.

Ketua RW 1 Supangin mengatakan, bahwa normalisasi saluran ini sangat dibutuhkan sekali oleh warga di beberapa RW. Karena kondisi sedimennya sudah sangat tinggi.

"Kami juga mengusulkan untuk dibangun box culvert beserta tutupnya di saluran tersebut, supaya aliran air menjadi lancar dan jalan menjadi tambah lebar", ujar Supangin.

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua RW 02 Achmad Ro'in. "Kami sudah berembug dengan Ketua RW 10 dan RW 01 terkait akan diusulkannya pembangunan box culvert di saluran tersebut. Dan juga pemasangan mesin pompa di sisi Selatan yang berbatasan langsung dengan sungai Kebon Agung", ujar Ro'in.

Lurah Medokan Ayu Zainul Abidin S.Sos mengapresiasi respon cepat dari DPU SDABM. Ia berharap, dengan adanya normalisasi saluran air ini, dapat meminimalisir genangan di wilayah 4 RW tersebut.

Sumber: