Bussiness Matching Bangga Produk Lokal 2023 Bangun Kemandirian Ekonomi

Bussiness Matching Bangga Produk Lokal 2023 Bangun Kemandirian Ekonomi

PJ Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dorong penguatan produk lokal.-Biro Malang-

BATU, MEMORANDUM - Pj Walikota Batu, Aries Agung Paewai mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membangun kemandirian ekonomi baik tematik maupun inklusif. Salah satunya, dengan selalu bangga untuk membeli dan menggunakan produk lokal. Terutama di Kota Batu banyak UMKM yang perlu digandeng untuk membangun pertumbuhan ekonomi yang positif.

Hal ini disampaikannya, pada saat memberikan sambutan pada Bussiness Matching Bangga Produk Lokal Tahun 2023 di GRaha Pancasila Balaikota Among Tani Kota Batu.

Ia sampaikan, salah satunya giat Bussiness Matching bertujuan untuk membangun kolaborasi dengan memperkenalkan produk UMKM Kota Batu.

BACA JUGA:Dukung Pemilu dan Pilkada, Pemkot Batu bersama KPU dan Bawaslu Teken NPHD

"Dengan pontensi  yang dimiliki oleh Kota Batu, kita bangun kolaborasi mewujudkan kemandirian ekonomi, baik secara tematik maupun inklusif berkesinambungan untuk membangun pertumbuhan ekonomi yang positif. Salah satunya melalui kegiatan ini sebagai ruang pertemuan bisnis antara pemerintah dan pelaku usaha, termasuk dalam upaya juga memperkenalkan produk lokal dari pelaku usaha," terang Aries.

Melalui kolaborasi ini, Pj Aries berharap program ini akan menciptakan sinergitas dan kolaborasi yang kuat, selain pemerintah dan UMKM, juga pemerintah dengan masyarakat, terutama membangun ekosistem UMKM dan koperasi di tataran lokal.

"Ke depan pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat akan mampu mewujudkan kota batu yang adil, makmur, sejahtera dan perekonomian yang terus tumbuh. "Kita harus bangga dengan e-lokal. Semakin lokal semakin bangga," imbuhnya.

BACA JUGA:Semarakkan Hari Jadi Ke-22 Kota Batu, ASN Pemkot Batu Belanja ke Pasar Induk Among Tani

Ia menambahkan, dengan adanya E-lokal menunjukkan bahwa pemerintah berkomitmen untuk menjalin hubungan yang jelas dengan masyarakat. Sehingga produk-produk lokal bisa masuk dalam E-Lokal dan pelaku usaha tidak perlu ragu dalam memasarkan produknya.

"Pelaku usaha yang terlibat dalam program ini yaitu, UMKM, badan usaha milik petani, PHRI, dewan kesenian, dan berbagai komunitas lokal."tutupnya.

Selain itu, dalam acara ini, Pj Aries juga mengukuhkan Komite Ekonomi Kreatif (E-Kraf) Kota Batu. Komite E-Kraf berisi pelaku ekonomi lokal hingga perwakilan akademisi dan birokrat Kota Batu. Business Matching Bangga Produk Lokal merupakan inovasi Pemerintah Kota Batu mendorong tumbuh dan berkembangnya roda perekonomian di kota yang mendapat julukan kota wisata ini. Sebanyak 130 pelaku usaha Kota Batu hadir menyemarakkan kegiatan ini.

BACA JUGA:Pemkot Batu Gelar Gebyar Taat Pajak 2023

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan Talk Show bertema Outlook Ekonomi Kota Batu Tahun 2024 dan pemaparan P3DN. Pada talk show ini, Aries terjun langsung memberikan berbagai ilmu pada pelaku usaha.

Saat memberikan pemaparan, Aries  bersama tenaga ahli Walikota Bidang Perekonomian dan Keuangan Prof Chandra Fajri Ananda serta Tenaga Ahli Walikota Bidang Pertanian dan Tata Wilayah Prof Sukir Maryanto.

Sesi kedua, peserta disuguhi Talk Show dengan tema Inisiatif, Kolaborasi, dan Inovasi menuju Bangga E-Lokal Berkelanjutan. Beberapa tokoh tampak hadir untuk menjadi pemateri seperti Prof Annis Chatur Adi, Dr. Syaiful Iqbal, Ketua PHRI Kota Batu Sujud Hariadi dan Wakil Ketua Ekraf Kota Batu Herman Aga.

BACA JUGA:Pemkot Batu Gelar E-Purchasing Award 2023 & Luncurkan Bangga E-Lokal

Sebelumnya, Bangga E-Lokal telah diresmikan Pemerintah Kota Batu di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, sejak 27 Juni 2023 lalu. Platform elektronik ini dihadirkan sebagai sarana untuk memasarkan produk lokal Kota Batu. Bangga E-Lokal merupakan sistem pengadaan secara elektronik ini juga fokus untuk memfasilitasi transaksi secara online antara pelaku usaha lokal dan pemerintah daerah.

Platform ini menghadirkan 3 etalase inklusif. Yakni etalase jasa penyelenggara, jasa penyewaan, dan produk unggulan Kota Batu. (Nik)

Sumber: