Spesifikasi Laptop Layar Lipat LG Gram Fold, Ramaikan Pasar Foldable

Spesifikasi Laptop Layar Lipat LG Gram Fold, Ramaikan Pasar Foldable

ilustrasi laptop LG gram fold--

SURABAYA, MEMORANDUM - Segmen laptop foldable memang sedang ramai belakangan ini, meskipun harus diakui target pasar dari perangkat jenis ini cukup sempit. Ya, tidak semua orang bakal cocok menggunakan laptop yang sepenuhnya layar. Terlepas itu, laptop layar lipat merupakan salah satu inovasi yang sangat menarik dan unik.

Beberapa brand besar sudah lebih dulu mengeluarkan laptop lipat mereka masing-masing. Sebut saja Asus dengan Zenbook 17 Fold, Lenovo yang memperkenalkan ThinkPad X1 Fold 16, dan belum lama ini adalah HP yang meluncurkan Spectre Fold. LG-pun akhirnya ikut menjajal segmen anyar ini dengan LG Gram Fold.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Laptop RAM 16GB Dibawah 5 Juta, Spesifikasi Kuat dan Anti Ngelag!

Hadir dengan prosesor Intel Core i5-1335U generasi 13 yang punya 10 core dan 12 threads, LG Gram FOld menjadi laptop lipat pertama yang memakai prosesor generasi paling baru Raptor Lake-U dari Intel

Laptop ini juga didukung RAM LPDDR5 16GB 6000MHz dan SSD 512GB. Soal layar, LG Gram Fold didukung layar berpanel OLED 17 inci dengan resolusi 2560 x 1920 piksel. Saat dilipat, pengguna dapat memanfaatkan layar berukuran 12 inci dengan resolusi 1920 x 1280 piksel dan rasio aspek 3:2.

BACA JUGA:Rekomendasi Laptop Intel Core i5 Harga 5 Jutaan dengan Performa Terbaik

Selain itu, layar ini juga dilengkapi dukungan input sentuh dan pena digital. Laptop ini juga didukung webcam beresolusi Full HD dengan teknologi pengenalan wajah Windows Hello. Serupa PC layar lipat lain, LG Gram Fold juga ditawarkan keyboard Bluetooth. 

Keyboard ini dapat digunakan secara terpisah dari perangkat, sehingga pengguna dapat menikmati panel layar 17 inci secara penuh. Selain itu, pengguna juga dapat menghubungkan keyboard ini di separuh bawah laptop saat dalam kondisi terlipat, sehingga serupa dengan laptop 12 inci standar.

Perangkat ini juga berbekal baterai 72Wh, tergolong besar, yang dapat diisi via USB-C melalui adapter daya 65W yang termasuk dalam kotak kemasan penjualan. Terdapat dua port USB-C, salah satunya mendukung Thunderbolt 4.

 BACA JUGA:6 Rekomendasi Laptop Intel Core i7, Performa Unggul Disegala Aspek

LG sudah meresmikan Gram Fold, tapi baru di pasaran domestiknya di Korea Selatan, di mana laptop lipat ini dibanderol 4,99 juta won atau sekitar Rp 57,4 juta. Belum diketahui apakah LG Gram Fold juga akan dipasarkan di luar Korea Selatan atau tidak.

Sumber: