Fotografer Pemula Harus Tahu! Berikut Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Cepat Rusak

Fotografer Pemula Harus Tahu! Berikut Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Cepat Rusak

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Merawat kamera digital agar lebih awet sangat diperlukan karena kamera ini memiliki komponen sensitif yang mudah sekali rusak. Selain itu harga untuk memperbaikinya pun tidaklah murah.

Sama dengan barang elektronik lainnya yang kerap membutuhkan perawatan khusus, maka ketika kamu memiliki kamera digital harus bersiap menjaganya dengan baik agar tak cepat rusak. 

BACA JUGA:5 Kecanggihan Fotografi Smartphone yang Dibekali dengan Kamera Leica

Berikut cara merawat kamera digital agar selalu terjaga dan tetap awet.

1. Lindungi LCD Kamera dengan Pelindung Layar

Cara merawat kamera digital khususnya DSLR adalah dengan memasangkan pelindung layar atau screen guard pada bagian LCD-nya. Dengan menggunakan pelindung ini, akan membantu manjaga layar agar tidak tergores atau terkena sidik jari.

2. Gunakan Filter untuk Melindungi Lensa

Pelindung UV Filter berfungsi untuk menjaga lensa dari pengaruh buruk sinar matahari yang mengandung iltraviolet. Selain itu, fungsi dari filter ini juga untuk mencegah dari debu dan kotoran menempel di lensa.

3. Perawatan Baterai Kamera

Agar baterai juga terjaga kualitas dan tetap awet adalah jangan membiarkan baterai kamera disimpan di ruangan dengan subu ekstrem 43 derajat celsius. Jangan lupa juga untuk mengisi daya baterai apabila kamu sudah tidak menggunakan kamera tersebut dalam jangka waktu panjang.

BACA JUGA:Kondisi Pasar Kamera Digital Di Tengah Gempuran Fitur Canggih Fotografi Smartphone

4. Membersihkan Body dan Lensa Kamera Secara Berkala

Tidak hanya melakukan perawatan detail pada bagian-bagian kamera, namun kamu juga harus memperhatikan kebersihan body dan lensa kamera itu sendiri. Menjadi bagian inti dari kamera, maka kamu harus rutin membersihkan body dan lensa kamera agar selalu terjaga kondisinya.

5. Gunakan Tas Kamera

Sumber: