Ini Lho Manfaat Minum Air Putih yang Cukup untuk Tubuh

Ini Lho Manfaat Minum Air Putih yang Cukup untuk Tubuh

manfaat air putih yang untuk kesehatan dan kesegaran--

2. Mendukung kesehatan sendi dan otot

Mengonsumsi air secara teratur juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh. Dengan cara ini, otot tidak kaku dan tubuh tidak cepat lelah saat bergerak atau bekerja dengan cepat. 

3. Menurunkan berat badan

Konsumsi air diketahui dapat meningkatkan metabolisme sehingga menyebabkan tubuh membakar lemak dan membuang limbah melalui keringat, urin, dan feses. Hal ini tentu saja mempengaruhi berat badan.

Selain itu, minum air sebelum makan diketahui memiliki efek mengenyangkan sehingga mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Dengan cara ini, asupan kalori tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkendali. 

4. Menjaga kesehatan kulit 

Kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih agar kulit dan bibir tetap terhidrasi.

Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat menjaga dan mengembalikan kelembapan bibir dan kulit.

5. Pertahankan fokus 

Dehidrasi juga mempengaruhi fungsi otak, terutama kemampuan fokus dan konsentrasi.

Hal ini tentu akan mempengaruhi aktivitas dan produktivitas Anda sepanjang hari. Itu sebabnya dianjurkan untuk rutin minum air putih agar otak dapat berfungsi maksimal. 

6. Mendukung kesehatan pencernaan

Dehidrasi diketahui mengganggu sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk sembelit atau kesulitan buang air besar setelah operasi.

Untuk menghindarinya, disarankan untuk minum air putih secara teratur. 

7. Mencegah terbentuknya batu ginjal 

Sumber: