Ini Lho Manfaat Minum Air Putih yang Cukup untuk Tubuh

Ini Lho Manfaat Minum Air Putih yang Cukup untuk Tubuh

manfaat air putih yang untuk kesehatan dan kesegaran--

MEMORANDUM-Pada dasarnya sebagian besar komponen penyusun tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, penting untuk selalu memastikan kecukupan asupan cairan semaksimal mungkin, salah satu caranya adalah dengan minum air putih yang cukup. Lalu berapa jumlah air minum harian yang direkomendasikan? Inidia manfaat dan pengaruh dari banyak minum air putih. 

Air merupakan komponen yang memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Selain itu, minum air yang cukup dapat membantu menghilangkan racun, melindungi dan menghidrasi tubuh. 

Berapa liter air yang dianjurkan diminum per hari? Perlu diketahui bahwa jumlah air minum yang dianjurkan setiap orang berbeda-beda, tergantung pada: 

1. Kondisi fisik, seperti penyakit tertentu atau minum air putih saat hamil dan menyusui. 

2. Kegiatan sehari-hari. Jika Anda sering melakukan aktivitas fisik atau olahraga berat yang menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak keringat, penting untuk memperbanyak minum air putih. 

3. Makanan sehari-hari. Diketahui bahwa makanan kaleng, makanan pedas, roti dan kue manis, gorengan, dll. menyebabkan rasa haus dan dehidrasi, sehingga Anda perlu minum lebih banyak air. 

4. Kondisi cuaca. Kebutuhan tubuh akan cairan biasanya meningkat ketika cuaca sedang panas atau lembab. 

Namun secara umum, anjuran konsumsi air putih Kementerian Kesehatan RI adalah sekitar 2 liter per hari atau 8 gelas air untuk orang dewasa. 

Di sisi lain, hal terpenting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah dengan meminum air setiap kali merasa haus. Pasalnya, rasa haus merupakan tanda tubuh mengalami dehidrasi dan membutuhkan air. 

Selain itu, penting untuk memperhatikan warna urin untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Warna urine yang normal adalah kuning muda atau kuning keemasan. Jika warna urin biasanya gelap dan keruh, berarti asupan cairan tubuh masih kurang.

Manfaat Air Bagi Kesehatan Tubuh

Air dikenal dengan berbagai khasiatnya yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain sebagai obat flu dan panas serta obat sakit kepala. Berikut beberapa manfaat kesehatan dari air: 

1. Terhindar dari Dehidrasi 

Menjaga asupan cairan dengan meminum air putih penting dilakukan untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi atau dehidrasi. Meskipun dehidrasi terlihat ringan, namun jika tidak segera ditangani, dehidrasi dapat menyebabkan disfungsi ginjal, kejang, dan bahkan syok yang mengancam jiwa. 

Sumber: