Kedatangan 365 Jemaah Haji Lumajang Disambut Hangat di Pendopo Arya Wiraraja

Kedatangan 365 Jemaah Haji Lumajang Disambut Hangat di Pendopo Arya Wiraraja

Kedatangan Jamaah Haji Lumajang Kloter 47-Biro Lumajang-

LUMAJANG, MEMORANDUM - Sebanyak 365 jemaah haji asal Kabupaten LUMAJANG yang tergabung dalam kloter 47 tiba dengan selamat di Pendopo Arya Wiraraja LUMAJANG pada Sabtu 6 Juli 2024 sore. Kedatangan para jemaah ini disambut dengan penuh suka cita oleh sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Pelaksanaan harian (Plh) Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, Muhammad Mudhofar, menyampaikan bahwa proses pemulangan jemaah haji Lumajang dilakukan secara bertahap. Setelah melalui tahapan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, jemaah kloter 47 mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya pada pagi hari dan tiba di Lumajang. 

“Hari ini, jemaah haji terbagi menjadi tiga kloter. Untuk kloter 47 sudah mendarat di Juanda pagi tadi, kemudian sampai di Lumajang,” ujar Muhammad Mudhofar.

Selanjutnya, jemaah haji kloter 48 dijadwalkan tiba di Pendopo Arya Wiraraja pada 6 Juli 2024 sekitar pukul 02.30 WIB, disusul oleh kloter 51 yang akan tiba sekitar pukul 07.00 WIB.

BACA JUGA:Aksi Polwan Polres Lumajang Sigap Bantu Dorong Kursi Roda Jemaah Haji Lansia

Muhammad Mudhofar juga menginformasikan bahwa dari keseluruhan total jemaah haji, satu orang meninggal dunia di tanah suci. Mendiang adalah KH. Dimas Abdul Adzim, pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bustanul Ulum Desa Krai, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang.

“Ada satu jemaah haji yang meninggal di tanah suci, pada pertengahan penyelenggaraan haji kemarin di Makkah,” tambahnya.

Kedatangan jemaah haji ini menandai berakhirnya perjalanan suci mereka dan menjadi momen penuh haru bagi keluarga serta masyarakat Lumajang yang menyambut mereka dengan suka cita. (Ags)

Sumber: