Tenggorokan Seperti Ada yang Mengganjal, Ketahui 6 Penyebabnya

Tenggorokan Seperti Ada yang Mengganjal, Ketahui 6 Penyebabnya

Ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Saat tenggorokan seperti ada yang mengganjal, rasa tidak nyaman hingga nyeri terkadang membuat orang berusaha mengeluarkan ganjalannya. 

Oleh karena itu, tidak tidak heran kalau ada beberapa orang yang membatuk-batukkan sampai memasukkan jari ke dalam lidah dan tenggorokan.

BACA JUGA:Tanaman Obat: Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Manusia

Berikut ini berbagai penyebab tenggorokan seperti ada yang mengganjal :

1. Makanan yang tersangkut

Tenggorokan seperti ada yang mengganjal biasanya disebabkan oleh ada makanan yang tersangkut, contohnya yang paling sering adalah karena tulang ikan atau ayam.

2. Asam lambung naik

Penyebab tenggorokan seperti ada yang mengganjal juga bisa berupa penyakit asam lambung atau GERD. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung naik dan mengiritasi tenggorokan.

BACA JUGA:Wah Jarang Diketahui, Ternyata Ini 10 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

3. Lendir berlebih dari hidung dan sinus

Salah satu gejala khas dari radang sinus (sinusitis) adalah adanya sensasi aliran lendir di tenggorokan (post nasal drip). Sensasi aliran lendir ini juga bisa digambarkan dengan tenggorokan seperti ada yang mengganjal.

4. Radang tenggorokan

Radang tenggorokan bisa menyebabkan sensasi seperti ada yang mengganjal di tenggorokan. Saat mengalami radang tenggorokan, seseorang juga bisa mengeluhkan nyeri atau gatal di tenggorokan yang diikuti dengan sulit menelan.

BACA JUGA:Secangkir Kopi di Pagi Hari, Membantu Menaikan Mood dan Baik Untuk Kesehatan

Sumber: