Unik dan Langka, 4 Manfaat Buah Kawis untuk Kesehatan Tubuh

Unik dan Langka, 4 Manfaat Buah Kawis untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah kawis--

SURABAYA, MEMORANDUM - Buah kawis (Limonia acidissima) merupakan tanaman yang berasal dari India dan Sri Lanka. Namun, buah ini juga dibudidayakan di beberapa negara asia tenggara, termasuk Indonesia

Buah ini sering juga disamakan dengan buah maja (Aegle marmelos) karena kemiripannya, tetapi sebenarnya berbeda. Buah kawis berbentuk bulat dengan kulit tebal yang berwarna putih keabu-abuan.

BACA JUGA:Manfaat Buah Pisang untuk Mengatasi Anemia, Cek Faktanya Berikut Ini

Berikut manfaat buah kawis untuk kesehatan tubuh

1. Mengobati disentri

Kandungan nutrisi di dalam buah kawis bisa mengobati salah satu penyebab diare, yaitu disentri. Disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai feses berdarah atau berlendir.

2. Mencegah kanker

Buah kawis mengandung antioksidan yang diketahui bisa menangkal efek paparan radikal bebas. Inilah alasan mengapa buah kawis sering digadang-gadang bisa mencegah kanker.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Konsumsi Buah Pisang Secara Rutin Dapat Menyehatkan Jantung

3. Mencegah penyakit jantung

Buah kawis juga memiliki manfaat untuk mencegah terkadinya penyakit jantung. Hal ini juga disebabkan oleh kandungan flavonoid dalam buah kawis yang berperan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.,

4. Mencegah diabetes

Selain membantu mengobati beberapa penyakit di saluran pencernaan, buah kawis juga dikaitkan dengan fungsinya menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Hal ini karena kandungan flavonoid di dalam buah kawis berperan dalam penyerapan glukosa sehingga gula darah lebih stabil.

BACA JUGA:Khasiat Buah Sukun bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Sumber: