Polres Gresik Mantapkan Persiapan Pengamanan Pemilu 2024

Polres Gresik Mantapkan Persiapan Pengamanan Pemilu 2024

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom saat memberikan arahan dalam Latpraops Mantap Brata 2023-Andika-

GRESIK, MEMORANDUM - Empat bulan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, jajaran Polres Gresik terus mematangkan persiapan pengamanan dan antisipasi gangguan kamtibmas. Seperti halnya melaksanakan Latihan Pra Operasi (Latpraops) Mantap Brata 2024, Senin 16 Oktober 2023.

Operasi ini digelar Polri dalam rangka mengamankan pesta demokrasi tahun depan. Latihan ini bertujuan untuk mempersiapkan personel dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom menjelaskan, Operasi Mantap Brata adalah bagian penting dari persiapan Polri untuk Pemilu 2024. Memastikan personel terlatih dan dilengkapi dengan baik, Polri dapat membantu memastikan bahwa pemilu dilaksanakan dengan aman dan lancar.

"Membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan personel Polri dalam mengamankan pemilu. Mengidentifikasi dan memitigasi potensi ancaman dan risiko keamanan, memastikan bahwa personel Polri siap menghadapi segala kemungkinan pada hari pemilihan, meningkatkan kepercayaan publik pada proses keamanan pemilu. Secara keseluruhan," ucap Kapolres Gresik.

BACA JUGA:Songsong Pemilu 2024, Kapolres Gresik Tekankan Urgensi Sinergitas TNI-Polri

Sementara itu, Kabag ops Polres Gresik Kompol Andria Diana Putra memaparkan materi tentang undang-undang dan peraturan pemilu, ancaman dan risiko keamanan, pengendalian massa dan manajemen ketertiban umum, pencegahan dan pendeteksian kejahatan, serta respon darurat. 

"Besok Selasa, 17 Oktober 2023, Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2024 dilanjutkan latihan simulasi skenario hari pemilihan. Seperti pengamanan TPS (Tempat Pemungutan Suara), pengamanan konvoi caleg (calon legislatif) dan pengamanan rapat umum," kata Kompol Andria.

Perlu diketahui Latpraops Operasi Mantap Brata 2024 dilaksanakan serental di seluruh Indonesia. Mulai dari tingkat Polda hingga Polres diikuti oleh seluruh personel Polri yang akan bertugas dalam pengamanan Pemilu 2024.

"Diharapkan Polri dapat mengamankan pemilu 2024 dengan aman dan lancar," tutupnya.(and/har)

Sumber: