Bangun Kepedulian Lingkungan, Warga RT 21/RW 1 Kedinding Lor Surabaya Kerja Bakti

Bangun Kepedulian Lingkungan, Warga RT 21/RW 1 Kedinding Lor Surabaya Kerja Bakti

Puluhan karung sampah hasil kerja bakti warga RT 21/RW 1 Kedinding Lor.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Kegiatan kerja bakti dalam rangka peduli lingkungan turut digalakkan oleh warga RT 21/RW 1, Kelurahan Kedinding Lor, Kecamatan Kenjeran, Surabaya.

Hasilnya, puluhan karung berisikan sampah plastik, sampah organik/nonorganik, dan gragal sisa pembangunan saluran air berhasil dikumpulkan. Lingkungan setempat pun kembali bersih dan terasa lebih indah.

"Kegiatan kerja bakti ini dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan kampung dan tempat tinggal," kata Moh Syafi'i, tokoh pemuda setempat, Senin, 9 Oktober 2023.

Menurutnya, sudah menjadi tanggung jawab warga setempat untuk berperan aktif menjaga lingkungan. Karena itu, kerja bakti menjadi salah satu cara agar lingkungan tetap lestari.

"Dengan masifnya pembangunan sarana prasarana seperti saluran air dan lain-lain dari pemkot, maka setelah itu menjadi tanggung jawab warga untuk menjaga dan merawat kampungnya. Salah satunya dengan kerja bakti di wilayah masing-masing," jelasnya.

Kegiatan kerja bakti yang berlangsung pada Minggu, 8 Oktober 2023 pagi itu diikuti dengan antusias. Warga tampak kompak dan saling gotong royong membersihkan jalan hingga gorong-gorong.

Sebagai pemuda, Syafi'i sangat kagum dengan semangat dari warga RT 21/RW 1, Kelurahan Kedinding Lor, Kecamatan Kenjeran, Surabaya.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi kesigapan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya yang langsung mengangkut sampah hasil kerja bakti warga.

"DLH sangat responsif dengan adanya kerja bakti seperti ini. Hampir semua hasil kerja bakti di wilayah Kecamatan Kenjeran, DLH sigap dan responsnya sangat cepat apabila ada permintaan pengangkutan," pungkas Syafi'i. (*)

 

Sumber: