Meriahnya Lomba Tartil Al Quran Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW di TPQ Al-Badar

Meriahnya Lomba Tartil Al Quran Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW di TPQ Al-Badar

Kegembiraan para santri TPQ Al-Badar dalam prosesi pemberian hadiah.--

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, puluhan santri Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Al-Badar dengan bersemangat mengikuti lomba tartil Al-Qur’an dan mewarnai, di Musholla TPQ Al Badar, di Dusun Njasem, Desa Sukowidodo, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung.

Kepala madrasah TPQ Al-Badar Ir H Imron Rosyadi MAg menyampaikan kegiatan ini untuk memberikan semangat belajar santri agar menjadi anak yang soleh dan solehah.

“Lomba ini juga untuk mengetahui kemampuan para santri dalam belajar mengaji Al Quran selama ini,” ujarnya usai prosesi pembagian hadiah lomba, Minggu (8/10).

Hasil lomba menurutnya bukan sekedar untuk menentukan kalah atau menang namun sebagai bahan untuk mengevaluasi kemampuan masing-masing santri.

BACA JUGA:Maulid Nabi, Ratusan Warga Beji-Ketiron Berebut Ancakan dan Alat Dapur

“Kemampuan para santri berbeda-beda, dengan dilaksanakan lomba seperti ini kami dapat menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk para santri,” jelasnya.

Selain lomba tartil Al-Quran, Imron menyebutkan juga dilaksanakan lomba mewarnai lafadz Muhammad. Nampak kegembiraan para santri berkreasi memadukan goresan warna pada lembaran lomba yang disediakan panitia. 

“Melalui lomba ini harapannya semua santri dapat meneladani akhlak Rasulullah SAW untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat,” ujarnya seraya menyebut ada lomba makan krupuk untuk menambah semarak acara.

Penanggungjawab TPQ Al-Badar Nurul Hidayati SAg MPd menjelaskan TPQ Al-Badar yang dirintis dan didirikan oleh orang tuanya, Alm H Cholil ini dilakukan secara sederhana di rumah dengan santri dari tetangga sekitar.

“Saat itu santrinya masih satu dua anak, dan alhamdulillah lambat laun santrinya bertambah. Kemudian, dibangun musholla di halaman belakang rumah yang sekaligus sebagai pusat kegiatan mengaji,” kenangnya.

Nurul bersyukur TPQ Al-Badar ini dapat berlangsung hingga sekarang sebagai tempat untuk belajar membaca Al Qur’an. Bersamaan, disampaikan terimakasih pada para wali santri, ustadz ustadzah, warga sekitar dan semua pihak yang telah mendukung keberlanjutan TPQ Al-Badar ini.

“Terimakasih dukungan yang diberikan semoga keberadaan TPQ Al-Badar ini memberikan kemanfaatan dan keberkahan pada semuanya,” tuturnya.(mad)

Sumber: