Polres Pelabuhan Tanjung Perak Maksimalkan Fungsi Polisi RW di Surabaya

Polres Pelabuhan Tanjung Perak Maksimalkan Fungsi Polisi RW di Surabaya

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Herlina SIK MH bersama Kapolsek Krembangan Kompol Sudaryanto memberikan motivasi kepada anggota Polisi RW Polsek Krembangan.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Polres Pelabuhan Tanjung Perak terus berupaya memaksimalkan fungsi Polisi Rukun Warga (RW) demi terciptanya kondusifitas di lingkup kecil yaitu lingkungan, Kamis, 5 Oktober 2023. 

Langkah konkret ini dilakukan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Herlina SIK MH dengan memberikan motivasi kepada anggota Polisi RW Polsek Krembangan dalam menjalankan tugas bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas dan perangkat RW untuk melayani dan menciptakan situasi yang kondusif di tingkat RW.

Polisi RW merupakan salah satu program pimpinan Polri untuk meningkatkan hubungan interaksi dan komunikasi antara anggota kepolisian dengan masyarakat. Selain itu, Polisi RW juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di tingkat bawah.

Agar pelaksanaan tugasnya berjalan dengan harapan pimpinan Polri, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Herlina SIK MH memberikan penekanan terkait tugas-tugas Polisi RW. Hal itu disampaikan kapolres dihadapan seluruh anggota polisi RW Polsek Krembangan.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Herlina SIK MH menjelaskan sesuai namanya Polisi RW terbentuk dari tingkat bawah, yakni rukun warga merupakan sebuah program dari Polri yang bertujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau harkamtibmas yang akan dilaksanakan di lingkup RW

"Polisi RW akan bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan RW yang aman dengan security assesment, anggota akan lakukan itu dengan ketua RW setempat dan elemen masyarakat lainnya," kata Herlina saat melakukan peninjauan kinerja Polisi RW Polsek Krembangan.

Untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu berlangsung dan juga memelihara kamtibmas setiap hari.

Pihaknya juga menyebut, stabilitas keamanan tidak terlepas dari masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, harus ada upaya untuk lebih mendekatkan diri kepada warga, mendengarkan aspirasi warga dan memberikan sosialisasi terkait pentingnya menjaga kedamaian.

"Polri tidak dapat menjalankan tugas dengan baik tanpa adanya dukungan warganya, untuk itu perlu adanya upaya upaya menjalin kedekatan dengan seluruh lapisan masyarakat dalam rangka menjaga situasi kamtibmas di wilayah Polsek Krembangan yang kondusif," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Herlina menekankan anggota yang sudah ditunjuk sebagai Polisi RW harus melaporkan setiap kegiatan yang terlaksana di wilayah RW-nya.

"Kami berharap hadirnya program Polisi RW lebih memperlancar komunikasi dengan masyarakat dalam menerima aspirasi, saran, dan keluhan terkait kamtibmas di wilayahnya, khususnya tingkat RW. Sehingga terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat,” jelasnya. (*)

 

Sumber: