Dominasi Suara Pemilih, Anak Muda Didorong Ikut Andil Tentukan Arah Kebijakan

Dominasi Suara Pemilih, Anak Muda Didorong Ikut Andil Tentukan Arah Kebijakan

Surabaya Young Leader Forum bersama Aliansi BEM Surabaya menghelat diskusi publik.-Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM-Surabaya Young Leader Forum bersama Aliansi BEM Surabaya menghelat diskusi publik bertajuk Tantangan dan Harapan Anak Muda Menghadapi Tahun Politik 2024 di Rumah Bhinneka, Rabu, 4 Oktober 2023.

 

Dalam forum yang dihadiri puluhan generasi milenial ini membahas mengenai pentingnya keterlibatan pemuda dalam Pemilu 2024 mendatang. Sebab dari 204.807.222 juta orang pemilih, sekitar 52% atau 106.358.447 jiwa merupakan anak muda.

 

Koordinator Surabaya Young Leader Forum, Syahrul Ihza mengatakan, para generasi muda akan menjadi pemilih yang menentukan nasib masa depan bangsa lima tahun ke depan.

 

"Porsi suara pemilih anak muda sebanyak 52% sudah seharusnya menjadi basis kekuatan politik anak muda untuk berpartisipasi dalam perencanaan pelaksanaan, dan pengawasan program pemerintah saat ini," kata Syahrul.

 

Syahrul memprediksi, perhatian pemilih muda pada Pemilu 2024 terhadap isu-isu seperti ekonomi, kesehatan, ketenagakerjaan, penegakan hukum dan HAM, pemberantasan korupsi, serta lingkungan hidup akan lebih tinggi dibandingkan dengan pemilu sebelumnya.

 

Untuk itu, pihaknya mendorong jejaring anak muda ikut andil dalam upaya merumuskan masa depan Indonesia yang lebih baik. Syahrul lalu menyampaikan tujuh poin rekomendasi dari rumusan tersebut.

 

Salah satunya yakni, mendorong pelibatan anak muda dalam proses pengambilan kebijakan. Hal ini agar proses pembuatan kebijakan juga mengakomodir kepenntingan anak muda itu sendiri.

 

Sumber: