Potret Calon Ideal Kapolda Jatim Versi IPW

Potret Calon Ideal Kapolda Jatim Versi IPW

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso.--

"Saat ini menurut saya harus seorang perwira tinggi polri yang senior, yang mempunyai pengalaman di Jatim, kalau bisa juga orang yang berasal dari Jatim. Siapa itu?sudah ada calon calonya," ungkapnua.

 

Terkait tiga sosok perwira tinggi polri yang dirumorkan  sebagai pengganti Kapolda Jatim Irjenpol Toni Hermanto , menurut Sugeng Teguh, ketiganya yakni Irjenpol M Iqbal, Irjenpol Dedi Prasetyo, Irjenpol Imam Sugianto, mereka ini potensial memiliki kapasitas yang baik dan masing-masing memiliki pengalaman yang sama.

 

"Ketiganya juga pernah bertugas di Jawa Timur, ada Irjenpol M Iqbal Akpol 91, Irjenpol Dedi Prasetyo Akpol 90, dan Irjenpol Imam Sugianto Akpol 90," imbuhnya.

 

Menurutnya, sosok Irjenpol M Iqbal sebetulnya mumpuni sebagai seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

 

"Seperti pada saat menjelang Pilpres atau pemilu 2024 ini dibutuhkan memang komunikasi yang baik. M Iqbal punya kemampuan itu, penggalangan di bawah dia punya kemampuan itu," terangnya.

 

Sementara sosok Irjenpol Imam Sugianto adalah seorang perwira tinggi yang memiliki percakapan yang baik. 

 

"Orangnya tenang, komunikasinya juga baik dan berpengalaman. Jadi ini imbang imbang semua, jadi saya mengusulkan yang senior," pungkasnya.

 

Potret Irjenpol M Iqbal kebetulan warga Surabaya dan Jawa Timur sangat familier dengan perwira tinggi Polri kelahiran Palembang 4 Juli 1970 ini. Iqbal pernah menjabat Kasatlantas Polrestabes Surabaya pada 2007 silam. Dia juga pernah menjabat Kapolres Gresik pada 2008 dan Kapolres Sidoarjo pada 2009.

Sumber: