Ucapkan Selamat Bertugas ke Irjen Pol Imam Sugianto, Ketua Fraksi PKB Jatim Harap Sowan ke Kiai

Ucapkan Selamat Bertugas ke Irjen Pol Imam Sugianto, Ketua Fraksi PKB Jatim Harap Sowan ke Kiai

Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur, Fauzan Fuadi --

SURABAYA, MEMORANDUM - Ditunjuknya Irjen Pol Imam Sugianto oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menjabat Kapolda Jatim menggantikan Irjen Toni Harmanto mendapat sambutan positif warga Jawa Timur. 

Apalagi, Polda Jawa Timur menjadi salah satu ujung tombak penjaga kondusifitas masyarakat Jatim menghadapi  tahun politik. Penting kiranya melakukan komunikasi dengan para tokoh kiai, khususnya ulama NU. 

Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur, Fauzan Fuadi mengucapkan selamat kepada Irjen Pol Imam Sugianto.

"Selamat atas dipilihnya Pak Imam sebagai Kapolda Jatim. Dan terimakasih juga kepada Pak Toni yang sudah memberikan yang terbaik kepada Jawa Timur," kata Fauzan Fuadi, Senin 16 Oktober 2023.

BACA JUGA:Ditunjuk Jadi Kapolda Jatim, Irjenpol Imam Sugianto Minta Doa Agar Bisa Jalankan Tugas dengan Baik

Ucapan selamat yang diberikan Bendahara DPW PKB Jatim ini bukan tanpa alasan. Fauzan melihat rekam jejak yang ditorehkan Irjen Imam menurutnya memiliki banyak prestasi. 

Beberapa rekam jejak Irjen Pol Imam Sugianto sebelum ditunjuk untuk menjabat sebagai Kapolda Jatim di antaranya, ia pernah mengemban amanah sebagai Wakapolda Kalimantan Barat dan Kapolda Kaltim.

Ia diketahui juga pernah mengemban tugas sebagai pejabat Polri di jajaran Polda Jatim. Kasat Intelkam Polwiltabes Surabaya, Kapolresta Surabaya Timur, Kapolres Gresik. Sebetulnya Masyarakat Jatim sudah tidak asing dengan nama jenderal kelahiran Malang, 11 Maret 1967 itu. 

Oleh karenanya, Fauzan menilai jika Irjen Pol Imam Sugianto sangat pantas memimpin Korps Semeru dengan segudang pengalamannya di Jatim. 

BACA JUGA:IPW Sebut Irjenpol Imam Sugianto Memahami Kultur Warga Jatim

"Saya sangat percaya jika Pak Imam dapat mengemban tugas sebagai Kapolda Jatim dengan sebaik-baiknya," kata Anggota Komisi C DPRD Jatim ini. 

Kendati demikian, mantan aktivis PMII Malang ini tetap mengingatkan, bahwa tugas Irjen Pol Imam sangat berat. Pasalnya selain berada pada tahun politik, posisi Jatim sendiri menjadi batle ground kemenangan pemilu 2024.

"Tentunya hiruk pikuk soal pilpres arahnya pasti lebih dominan di Jatim, semua mata Indonesia pasti tertuju ke sini. Oleh karenanya Pak Imam menjadi ujung tombak kondusifitas masyarakat Jatim," ujarnya. 

Lebih dari itu, Fauzan berharap agar Kapolda Jatim yang baru ini dapat masif turun ke lapangan, melakukan komunikasi dengan para tokoh kiai khususnya ulama NU. Sebagai wilayah dengan basis massa Nahdliyin, para ulama NU memiliki pengaruh besar dalam menjaga kondusifitas warga Jatim. 

Sumber: