Lurah Jemberkidul Siap Bersihkan Irigasi Tersendat untuk Atasi Banjir

Lurah Jemberkidul Siap Bersihkan Irigasi Tersendat untuk Atasi Banjir

Lurah Jemberkidul Siap Bersihkan Irigasi Tersendat untuk Atasi Banjir--

JEMBER, MEMORANDUM - Lurah Jemberkidul, Harsono, siap turun tangan membersihkan aliran irigasi yang tersendat di Lingkungan Telengsari RW 05, Kelurahan Jemberkidul, Kecamatan Kaliwates, JEMBER pada Jumat 29 September 2023.

Hal ini dilakukan Harsono menanggapi keluhan masyarakat petani di lingkungan tersebut yang sudah lama tidak bisa mengolah lahan pertanian mereka akibat aliran irigasi yang tersendat.

Keluhan tersebut disampaikan oleh Gunadi, Ketua RW 05 Lingkungan Telengsari. Ia mengatakan bahwa aliran irigasi di lingkungannya sudah lama tersendat akibat sampah dan valet yang menumpuk, serta banyaknya pintu air yang menjadi kendala.

"Bagaimana mana petani bisa mengolah/bercocok tanam seperti dulu, karena hanya menunggu datangnya air hujan, dikarenakan aliran irigasi nya penuh dengan kotoran dan valet serta banyaknya pintu air yang menjadi kendala," kata Gunadi.

Harsono langsung turun ke lokasi untuk melihat kondisi aliran irigasi. Ia juga melakukan cek lokasi dan ketempat beberapa pintu aliran irigasi yang butuh dibersihkan dan dibuat ketentuan pembagian agar semua petani bisa mendapatkan jatah aliran air.

Menurut Harsono, langkah yang harus dilakukan agar tidak terjadi banjir adalah dengan melakukan kerjabakti bersih-bersih irigasi.

Ia akan segera menggelar rapat koordinasi dengan stekholder terkait bersama ketua RW lingkungan Telengsari dan masyarakat petani untuk membahas rencana kerjabakti tersebut.

"Agar semua memiliki rasa tanggungjawab perihal kebersihan lingkungan, butuh duduk bareng guna mengambil kebijakan yang tidak merugikan/menguntungkan salah satu puhak saja maka dalam waktu tidak lama sebelum musim hujan tiba kita rapatkan untuk segera melakukan aksi kerja bakti," beber Harsono. (*)

Sumber: