Bangun Kesadaran Masyarakat Satlantas Polres Malang Ciptakan Kampung Tertib Lalin

Bangun Kesadaran Masyarakat Satlantas Polres Malang Ciptakan Kampung Tertib Lalin

Fasilitas kampung tertib berlalulintas.--

MALANG, MEMORANDUM - Upaya terus menekan angka kecelakaan yang berakibat fatalitas, Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Malang menjadikan Gang Adi Wacana sebagai kampung tertib lalulintas.

Dengan harapan nantinya kelurahan Ardirejo kecamatan Kepanjen kabupaten Malang, akan menjadi kampung percontohan bagi wilayah lain.


"kampung tertib lalulintas ini terbentuk berangkat dari jumat curhat minggu lalu, yang dilakukan bapak Kapolres Malang saat di kelurahan Ardirejo," ungkap, AKP. Agnis Juwita Kasatlantas Polres Malang, Jumat (22/9/2023)


Dimana saat itu Kapolres Malang AKBP. Putu Kholis Aryana, banyak menerima keluhan masyarakat terkait ketertiban yang ada diwilayah Ardirejo.

Mulai dari parkiran, pedagang kaki lima yang banyak makan bahu jalan serta pepohonan yang membahayakan di sepanjang jalan Ardirejo.


Menindak lanjuti hal tersebut Satlantas bersama forum lalulintas, berinisiatif untuk menjadikan kelurahan Ardirejo sebagai Kampung Tertib Lalulintas.

Namun secara spesifik pada Gang Adi Wacana, untuk dijadikan Pilot Project kampung lalulintas.


"karena pada gang tersebut terdapat lembaga pendidikan yaitu SMPN," kata, Agnis


Kami akan membangun kesadaran masyarakatnya, lanjut Agnis, untuk berlalulintas secara tertib. Dengan cara mengedukasi mereka, terkait tatatertib berlalulintas yang baik dan benar.

Sehingga nantinya mereka bisa mengajak, sekaligus mengingatkan para remaja atau pelajar yang belum saatnya mengendarai motor.


Namun demikian pihaknya butuh dukungan dari steakholder lainnya seperti Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

Guna menertibkan sepanjang jalan Ardirejo baik lalulintasnya maupun penertiban pada para pedagang kaki lima yang ada.

Sedangkan untuk melakukan pemangkasan hingga pemotongan pohon, Satlantas mendapatkan dukungan dari Pemkab Malang dalam hal ini dinas bina marga.


"bahkan kami tidak hanya melakukan sosialisasi pada masyarakat, kelurahan Ardirejo saja dalam menjaga ketertiban tapi juga dilakukan pada tukang ojek para sopir angkot," imbuh, Kasatlantas.


Disamping memberikan edukasi dan pembinaan secara masif, Satlantas juga mengajak masyarakat dan para pemuda serta pelajar. Untuk menuangkan kreasinya melalui Mural, pada tembok sepanjang gang Adi Wacana.


Perlu diketahui kelurahan Ardirejo kecamatan Kepanjen kabupaten Malang, oleh Satreskoba Polres Malang juga dicanangkan sebagai Kampung Bebas dari Narkoba (BeNar) ke 2.

Saat ini oleh Satlantas Polres Malang pada lokasi yang sama, juga dijadikan kampung Tertib Lalulintas.


Disini menandakan bahwa kedepannya Polres Malang, pada wilayah hukumnya terbebas dari Narkotika dan peredarannya.

Dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, dalam melakukan pengawasan peredaran Narkotika diwilayah masing- masing untuk membantu kinerja aparat kepolisian.


" bahkan tidak hanya dibangun akan bahaya narkotika, akan tetapi masyarakat juga terbangun ketertibannya dalam berlalulintas dengan selalu mentaati aturan yang ada." Tegas, AKP. Agnis Juwita. (kid)

Sumber: