Hari Demokrasi Internasional, Bawaslu Bojonegoro Gelar Rakor Peningkatan SDM Panwaslu Kecamatan

Hari Demokrasi Internasional, Bawaslu Bojonegoro Gelar Rakor Peningkatan SDM Panwaslu Kecamatan

Bawaslu Kabupaten Bojonegoro menggelar rapat koordinasi bersama panwaslu kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro.--

Bojonegoro, Memorandum - Demokrasi Internasional, Bawaslu Kabupaten Bojonegoro melaksanakan rapat koordinasi (rakor) peningkatan kapasitas SDM bersama Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro, di Aston Hotel Bojonegoro.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait kelembagaan, kinerja pengawasan, kepatuhan terhadap instruksi dan pembahasan beberapa produk hukum yang diharapkan bisa mempersiapkan SDM Pengawas Pemilu khususnya di jajaran tingkat Panwaslu Kecamatan untuk menghadapi Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro Handoko Sosro Hadi Wijoyo berharap rakor ini bisa menjadi jalan utama untuk kedepannya melakukan kolaborasi dalam kinerja-kinerja pengawasan.

"jaga marwah dan harga diri lembaga" ujarnya.

Hal baik yang sudah berjalan dipertahankan dan yang kurang mari diperbaiki bersama.

"Segala bentuk kerja kita di Bawaslu jangan sampai kita jadikan beban, gunakan minimal dasar dasar manajemen untuk bagaimana lembaga dapat maksimal, " ujarnya. 

Mengakhiri sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro berharap bisa cepat beradaptasi dengan pimpinan baru periode 2023-2028 untuk melaksanakan pengawasan Pemilu 2024.

Pria yang biasa disapa Hans tersebut juga menyampaikan bahwa setelah pembukaan yaitu penyampaian materi oleh narasumber yaitu dari Anggota Bawaslu Kabupaten Bojonegoro periode tahun 2018-2023 yaitu Mochammad Alfianto menyampaikan materi tentang Netralitas ASN, Mujiono menyampaikan materi tentang Pelanggaran Administrasi Pemilu, Dian Widodo menyampaikan materi tentang Penanganan Pelanggaran Pemilu 2024 dan Lilik Mustafidah menyampaikan Kerawanan Pemilu. 

Sebagai informasi setelah penyampaian dari narasumber dilianjutkan pemantapan dari Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Handoko Sosro Hadi Wijoyo menyampaikan terkait Penguatan Kelembagaan dan Manajemen dalam Bawaslu Bojonegoro dan jajaran ke bawah.

Moch Zaenuri Kordiv SDM, Organisasi dan Diklat menyampaikan materi tentang Pola Hubungan dalam lembaga, Surat Menyurat, Administrasi SPJ, Kedisiplinan dalam Pleno dan Keaktifan kehadiran di Kantor serta ketertiban dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan.

Muhammad Muchid Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas menyampaikan tentang DPTb dan DPK, Weni Andriani Kordiv Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi menyampaikan tentang Kampanye dan pelaporan inventarisir APS dan Lia Andriyani Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa menyampaikan terkait tahapan DCS maupu DPD. (top/fer)

Sumber: