Ratusan Warga Kapasan Antusias Ikuti Bakti Kesehatan, Kartar: Wujud Kepedulian Sesama

Ratusan Warga Kapasan Antusias Ikuti Bakti Kesehatan, Kartar: Wujud Kepedulian Sesama

Warga Kapasan antre memeriksakan kesehatan.--

Surabaya, Memorandum - Kegiatan bakti kesehatan bertajuk Berobat Gratis diikuti dengan antusias oleh warga RW 9, Kelurahan Kapasan, Kecamatan Simokerto, Surabaya, Minggu (17/9/2023) pagi.

Aksi sosial yang diinisiasi Karang Taruna (kartar) RW 9 Kapasan ini dihelat di Balai RW 9, Jalan Kapasan Samping I. Ratusan warga mulai dari remaja, orang dewasa, dan lansia tampak antre memeriksakan kondisi kesehatannya sejak pagi.

Ketua Kartar RW 9 Kapasan, Rahmat, mengatakan, kegiatan bakti kesehatan ini dihelat untuk mempererat tali silaturahmi antartetangga.

Selain itu, adanya program Berobat Gratis ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh terkini.

"Yang pertama tujuannya supaya kita bisa rukun sesama warga. Lalu adanya pemeriksaan kesehatan ini warga bisa tahu mengenai penyakit yang diderita, sehingga bisa dideteksi sejak awal. Kemudian warga yang mengalami sakit akan diberikan obat gratis," terang Rahmat.

Total ada sekitar 500 lebih warga yang datang berobat maupun memeriksakan kesehatannya. Rerata didominasi oleh warga lansia.

Rahmat memastikan kegiatan serupa akan kembali digelar. Terlebih program Berobat Gratis ini telah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Mulai dari bank, pengusaha, dan partai politik.

"Kita bersyukur dan mengapresiasi dukungan yang telah diberikan oleh banyak pihak terhadap kegiatan ini. Terutama Bu Liana Kurniawan dari Asosiasi Pengusaha Emas Perhiasan Indonesia (Apepi) yang telah mensupport penuh. InsyaAllah kegiatan ini berkelanjutan," tandas Rahmat.

Sementara itu, Kuswinarti (62), warga setempat mengapresiasi adanya kegiatan berobat gratis ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi lansia dan masyarakat lainnya.

"Sangat berterima kasih dan bermanfaat sekali kegiatan berobat gratis ini. Saya jadi bisa mengetahui kondisi kesehatan saat ini," tutur Kuswinarti.

Di tempat yang sama, Liana Kurniawan tampak hadir mendampingi kegiatan. Sosok pengusaha asal Surabaya ini memang getol dan konsisten dalam memberikan perhatian di bidang ekonomi dan kesehatan.

"Kami sangat mendukung penuh terhadap program-program kartar yang menyentuh masyarakat dan memberikan manfaat untuk banyak warga. Semoga kegiatan ini dapat membantu kondisi kesehatan masyarakat di wilayah padat penduduk Kapasan," pungkas Liana, yang juga ketua APEPI ini.

Pada kegiatan ini ada sekitar 7 dokter yang dilibatkan dari Puskesmas Tambakrejo, rumah sakit swasta, dan dokter pribadi.

Seperti yang disampaikan dr Sheilly Joseline Terrukeni, program ini memberikan fasilitas pemeriksaan kesehatan menyeluruh dan berobat gratis kepada warga.

Sumber: