Perhutani Blitar Selektif Pilih Koperasi Tingkatkan Nilai Tambah Petani

Perhutani Blitar Selektif Pilih Koperasi  Tingkatkan Nilai Tambah Petani

Administratur Perum Perhutani KPH Blitar Muklisin dalam kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) di Balai Desa Ngembul, Kecamatan Binangun.--

"Saya tidak mau masyarakat nanti malah dikadali. Karena mohon maaf, saya menaruh kepercayaan uang negara nanti akan ada banyak disana (koperasi). Karena nanti yang memotong sharing dari koperasi itu," sambung Muklisin.

 

Sebagai informasi, sebelumnya Perum Perhutani KPH Blitar telah melakukan penandatanganan PKS dengan LMDH/KTH se Kecamatan Sutojayan, Wonotirto dan Panggungrejo di Objek Wisata Pinggir Kali (Pingka), Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, Rabu (13/9/2023) lalu. 

 

Kegiatan penandatanganan PKS ini pun selalu menghadirkan pihak dari Kejaksaan Negeri Blitar yang telah menjalin kerja sama dengan Perum Perhutani KPH Blitar. 

 

Dalam PKS tersebut, terdapat beberapa poin-poin krusial. Diantaranya, harus adanya sekitar 1.000 tanaman kehutanan per hektar di wilayah hutan produksi. Selain itu, harus adanya pengembalian fungsi hutan lindung, serta komitmen pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan bagi hasil kepada Perhutani sebesar 10 persen. (nus/zan/lis/ono)

Sumber: