Peradaban Dunia Semakin Berkembang, Inilah 5 Sosok Yang Paling Mempengaruhi Peradaban Manusia

Peradaban Dunia Semakin Berkembang, Inilah 5 Sosok Yang Paling Mempengaruhi Peradaban Manusia

Charles Darwin--

Surabaya, memorandum – Pernahkah kalian membayangkan bagaimana keadaan dunia ini berabad-abad yang lalu. Sudah banyak diceritakan, dunia ini selalu berevolusi dan berkembang setiap abad. Taukah kalian siapa saja orang yang paling berpengaruh dalam sejarah perkembangan manusia?, berikut ulasannya.

1. Johannes Gutenberg
Gutenberg tercatat sebagai pencipta banyak jenis mesin cetak seperti mesin print movable yang berbasis tinta, mesin cetak yang digunakan untuk membuat anggur, dan masih banyak lagi. Atas kontribusinya, ia sampai sekarang dikenal dengan julukan The Father of a Printing Revolution, dan hasil karya cetak pertamanya disebut dengan nama ‘gutenberg bible’, yakni sebuah buku alkitab 42 baris yang nilai estetikanya telah diakui dunia.

2. Martin Luther
Pada sekitar tahun 1520-an, Martin Luther banyak menyuarakan kritiknya terhadap beberapa pandangan Khatolik mengenai kebebasan dan hukuman akibat dosa yang dilakukan oleh manusia. Berbagai kritikan tersebut juga ia lontarkan dalam beberapa tulisannya seperti “Kepada Bangsawan Kristen dari Negara Jerman (1520)” dan “Tentang Kebebasan Seorang Kristen (1520)”. Martin Luther dianggap sebagai salah satu tokoh pencetus reformasi Kristen Protestan, dan namanya banyak dikenang sampai hari ini.

3. Charles Darwin
Dalam teorinya, Darwin mengemukakan bahwa semua spesies pada hakikatnya berasal dari satu nenek moyang yang sama, yang kemudian berkembang menjadi lebih besar dari waktu ke waktu. Secara spesifik, berbagai teori evolusi yang dikemukakan oleh Darwin bisa kamu baca di beberapa bukunya seperti On the Origin of Species (1895), The Descent of Man, dan Selection in Relation to Sex (1871).

4. Isaac Newton
Semasa hidupnya, Isaac Newton banyak memperkenalkan teori dan hukum seperti hukum gerak Newton, mekanika Newton, gaya gravitasi, kalkulus, deret binomial, metode Newton, dan masih banyak lagi. Berbagai hasil penemuan tersebut benar-benar terbukti bermanfaat sampai hari ini, berkat kontribusinya terutama pada dunia Sains, Isaac Netwon kemudian banyak dikenal sebagai ‘Bapak Ilmu Fisika klasik’.

5. William Shakespeare
Atas perannya dalam dunia seni tersebut, William Shakespeare juga dikenal sebagai salah satu penulis terhebat dan aktor termasyhur yang karyanya masih bisa dinikmati sampai hari ini.

Selain kelima orang di atas sebenarnya masih banyak lagi orang-orang yang dianggap berpengaruh di dunia. Oleh sebab itu kita harus terus belajar supaya tau informasi menarik lainnya. (mg2)

Sumber: