Pasang Palang Pintu KA, Kado HUT Ke-68 Lantas untuk Masyarakat di Malang

Pasang Palang Pintu KA, Kado HUT Ke-68 Lantas untuk Masyarakat di Malang

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana didampingi Kasatlantas AKP Agnis Juwita M meninjau palang pintu KA.--

Malang, Memorandum - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang jelang peringati hari jadinya ke-68 pada 22 September 2023, memberikan hadiah pada masyarakat. Hadiah yang diberikan tersebut berupa pemasangan palang pintu di 17 titik perlintasan KA.

"17 palang pintu tersebut mulai dari Kecamatan Lawang hingga Sumberpucung, yang tujuannya untuk mengurangi angka rawan kecelakaan yang disebabkan KA," terang Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana didampingi Kasatlantas AKP Agnis Juwita M usai meninjau palang pintu, Senin (11/9/2023).

Kholis mengungkapkan, saat ini sudah tidak ada lagi perlintasan KA tanpa palang pintu di wilayah Kabupaten Malang. Karena semuanya sudah dilakukan oleh Polres Malang dalam melengkapi semua perlintasan dengan palang pintu. 

Bahkan yang dilakukan Polres Malang tidak hanya memasang palang pintu, akan tetapi juga melengkapi dengan piranti lainnya berupa sirine (AWS) serta sarana pendukung lainnya dan juga rambu peringatan. 

"Hal itu kami lakukan sebagai tindak lanjut dari aspirasi masyarakat, karena banyak kejadian kecelakaan yang disebabkan tidak adanya palang pintu pada perlintasan KA tersebut," kata Kholis.

Kapolres menambahkan, pada survei awal ada 20 titik perlintasan KA di Kabupaten Malang yang tidak berpalang pintu mulai dari Lawang hingga Sumberpucung. Namun, tiga titik sudah dipasang oleh swadaya masyarakat sekitar, baru sisanya 17 titik Polres Malang melengkapi semuanya.

Dengan terpasangnya palang pintu perlintasan KA ini, diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat. Tidak ada lagi kecelakaan di jalur perlintasan KA yang sampai merenggut korban jiwa. 

"Di samping itu juga berharap pada masyarakat agar tertib berlalu lintas. Semua itu demi keselamatan bersama baik dirinya maupun orang lain," imbuh Kholis.

Perlu diketahui pada setiap titik perlintasan ada relawan yang bertugas menjaga, bisa ditempatkan 3 sampai 4 orang relawan yang bertugas secara bergantian. 

"Untuk para relawan ini, kami sudah berkirim surat kepada Bupati Malang untuk ikut memperhatikan mereka. Diharapkan ke depannya mereka mendapatkan insentif dari Pemerintah Daerah setiap bulannya," tuturnya. 

Kapolres juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati. Patuhi rambu-rambu lalu lintas untuk menjaga keselamatan saat berkendara. (kid/lis/fer)

Sumber: