Stasiun Ketapang Banjir, KA Mutiara Timur dan KA Pandanwangi Terlambat Berjam-jam

Stasiun Ketapang Banjir, KA Mutiara Timur dan KA Pandanwangi Terlambat Berjam-jam

Jember, Memorandum.co.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan kereta api yang terjadi di wilayah Daop 9 Jember akibat tingginya curah hujan yang mengakibatkan banjir di daerah Kalipuro dan terjadi genangan air tertinggi 22 Cm di atas koprel pada Jumat (18/11/22) Petang hingga malam hari. “Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang menggenangi emplasemen Stasiun Ketapang, Kab. Banyuwangi,” ujar Plt. Manager Hukum dan Humas Daop 9 Jember Azhar Zaki Assjari. Kiriman air berasal dari daerah-daerah yang berada di Stasiun Ketapang, dan juga terdapat banjir di sebelah Barat Stasiun Ketapang, di Dusun Gunung Remuk. Selain emplasemen Stasiun, banjir juga menggenangi jalur kereta api yang menuju Depo Lokomotif Ketapang dan Depo Kereta Ketapang. Sehingga lokomotif dari Depo Lokomotif tidak dapat langsir menggandeng rangkaian di Depo Kereta. Meskipun hujan telah reda, genangan air sempat mengalami naik turun. Guna mempercepat surutnya air, Petugas KAI berupaya membuat sudetan air di beberapa titik. Pada pukul 22.26 WIB, air surut dengan ketinggian kurang dari 7 Cm sehingga lokomotif dan kereta dapat dilangsir menuju emplasemen Stasiun Ketapang. Akibat kejadian tersebut KA Mutiara Timur dengan tujuan Stasiun Yogyakarta baru dapat diberangkatkan dari Stasiun Ketapang pada pukul 23.11 dengan kelambatan 341 menit. Sedangkan KA Pandanwangi dengan tujuan Stasiun Jember diberangkatkan pukul 23.47 dengan kelambatan 332 menit. Untuk KA-KA kedatangan Stasiun Ketapang tidak mengalami kendala dan tiba di Stasiun Ketapang tepat waktu. Bagi penumpang KA Mutiara Timur yang akan membatalkan tiketnya dapat dilayani 3 X 24 jam dan biaya akan dikembalikan 100 % (seratus persen) tidak termasuk biaya pemesanan. Pembatalan dapat dilakukan di loket pembatalan yang terdapat di stasiun. Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan [email protected] dan Sosial media @keretaapikita @kai121_ Para pelanggan yang terdampak telah kami hubungi seluruhnya, untuk menginformasikan terkait kondisi terbaru terkait perjalanan KA-nya. Info selengkapnya terkait perjalanan KA, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121. Zaki menambahkan, KAI saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan perjalanan kereta api di lokasi tersebut. Penanganan dilakukan baik dari sisi pengaturan operasional KA maupun prasarana jalur KA. "Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Semoga cuaca segera membaik dan banjir segera teratasi agar jalur kereta api yang terdampak kembali normal serta perjalanan kereta api dapat beroperasi dengan lancar. Namun demikian untuk sampai saat ini wilayah Daop 9 secara umum dalam kondisi aman lancar dan terkendali,” pungkasnya. (edy)

Sumber: