Pahami Manfaat Asuransi dan Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Pahami Manfaat Asuransi dan Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Surabaya, memorandum.co.id - Salah satu manfaat asuransi yang utama adalah membantu mengurangi kerugian finansial saat terjadi risiko yang masuk dalam polis asuransi. Manfaat lainnya untuk tertanggung yaitu membantu mengatur keuangan terlebih lagi jika tidak mempunyai dana darurat. Tak heran, keberadaan asuransi terbilang penting dan harus bisa menyesuaikan kebutuhan masing-masing pemegang polis. Untuk produk asuransi mobil, biasanya penyedia asuransi seperti asuransi Simas insurtech untuk mobil akan memberikan ganti rugi terkait kerugian yang dialami dari pihak pemegang polis kendaraan tersebut. tentunya kerusakan tersebut sudah ada di dalam polis masing-masing. Anda bisa mendapatkan informasi lanjutan terkait asuransi yang cocok untuk kebutuhan, termasuk juga istilah-istilah penting dalam premi asuransi. Anda juga bisa mengetahui jawaban terkait pertanyaan apa saja manfaat dan keuntungan asuransi secara umum?   Secara umum, banyak manfaat dari asuransi. Apapun jenis asuransi yang Anda pilih, nantinya bisa menggantikan kerugian finansial terkait risiko yang tidak terduga.   Dengan produk sesuai kebutuhan, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya mengamankan keuangan Anda dan keluarga.

Memberikan Ketenangan

Semua orang tidak akan pernah tahu apa yang bisa terjadi di masa depan. Entah itu suatu hal positif ataupun negatif. Nah, di sinilah peranan asuransi sangat dibutuhkan dengan menyediakan berbagai produk asuransi sesuai kebutuhan. Tentunya peran asuransi akan memberikan solusi finansial terbaik sekaligus meringankan beban saat terjadi suatu hal yang tidak terduga. Saat Anda tahu terlindungi secara finansial dari perusahaan asuransi bisa membuat hidup bisa menjadi lebih tenang dan tidak merasa kebingungan saat mendapati kerugian yang tidak diinginkan.

Bisa Dimanfaatkan sebagai Tabungan

Ada banyak manfaat dan jenis asuransi sesuai kebutuhan, misalnya Anda gunakan sebagai tempat menabung, seperti dana pensiun. Meski tidak masuk ke dalam jenis asuransi, namun sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan program pensiun. Nantinya iuran nasabah yang dikumpulkan akan diberikan pada pemegang polis di usia pensiun.

Membantu Kestabilan Keuangan Bisnis ataupun Keluarga

Ketika mempunyai tanggungan seperti pasangan ataupun anak menjadi sangat penting jika Anda bisa mempertibagkan risiko finansial jika ada hal yang mengancam jiwa. Di sini peran asuransi jiwa membantu siapa saja untuk menjaga kestabilan keuangan keluarga saat mengalami risiko meninggal dunia.   Sama dengan dunia bisnis juga membutuhkan asuransi karena manfaatnya juga bisa menjaga kestabilan keuangan dan jalannya sebuah bisnis.

Membantu Perencanaan Keuangan Jadi Lebih Baik

Mengatur keuangan setiap bulannya memang bukan hal mudah, terlebih lagi saat tidak ada keperluan yang tidak terduga sebelumnya. Misalnya, Anda harus mengeluarkan anggaran lebih atau menguras tabungan karena suatu hal yang tidak terduga.   Di sini manfaat asuransi bisa Anda rasakan sangat membantu untuk mengatur keuangan supaya bisa berjalan lebih baik. Dengan adanya asuransi, Anda sudah tidak perlu lagi membayar biaya penuh atas suatu kerugian yang dialami.

Bisa Dimanfaatkan sebagai Investasi

Produk asuransi memang bukan menjadi instrumen dalam investasi namun mempunyai peran yang hampir mirip seperti investasi. Saat ini sudah banyak pilihan asuransi yang membuat pihak tertanggung mendapatkan nilai investasi juga.   Dalam pengelolaan dana investasi di dalam asuransi juga bisa dibilang menjanjikan karena dijalankan oleh manajer profesional. Jadi keuntungan dan fungsi asuransi bisa sebanding dengan adanya instrumen investasi pada umumnya.

Membantu Meminimalkan Kerugian Finansial

Seperti yang kita tahu jika sebuah kerugian adalah salah satu hal yang dihindari oleh setiap orang. Misalnya, jika seorang pebisnis mengalami kerugian keuangan yang bisa saja terjadi karena kebakaran pabrik, kesalahan pengiriman, dan lainnya.   Contoh lain adalah mengalami kerugian finansial karena harus dirawat di rumah sakit, dan lain-lain. peran asuransi di sini bisa meminimalisir dan menanggung semua kerugian finansial yang terjadi akibat suatu hal yang tak terduga.  

Membantu Jaminan Kredit Lebih Mudah

Adanya keuntungan asuransi lainnya adalah membantu untuk mengajukan pinjaman kredit lebih mudah. Misalnya, mengajukan pinjaman modal usaha ataupun KPR di lembaga keuangan.   Namun, tetap saja Anda harus berhati-hati saat mengambil sebuah kredit. Pastikan jenis pinjaman yang Anda pilih sifatnya utang produktif. (gus)  

Sumber: