Unej Dorong Mahasiswa Berinovasi untuk Wujudkan Kedaulatan Pangan

Unej Dorong Mahasiswa Berinovasi untuk Wujudkan Kedaulatan Pangan

Dekan Faperta Unej, Soetriono.--

JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID - Universitas Jember (Unej) melalui Fakultas Pertanian (Faperta) menggelar dialog mahasiswa dengan tema Kreativitas dan Sportivitas mahasiswa untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan dan Pengembangan Potensi Nasional. Kegiatan ini sebagai upaya mendorong mahasiswa untuk turut berkontribusi dalam mencapai kedaulatan Pangan nasional.

Dialog dengan Moderator Dr Ihsanudin SP., MP Dosen Penyuluhan Pertanian Faperta Unej Jember, di Gedung Auditorium mendatangkan 3 narasumber yakni : Dr. Mu'arifin, M.po., Ankardiansyah Pandu Pradana, S.p., M.sl, Ghanesya Hari Murti, S.s., M.Hum dan Prof. Dr. Ir. Sholeh Avivi, M.si

Dekan Faperta Unej, Soetriono, dalam sambutannya menyampaikan bahwa ketergantungan Indonesia terhadap impor pangan masih sangat tinggi. Hal ini menjadi tantangan besar yang harus segera diatasi. "Teknologi di bidang pertanian menjadi kunci untuk mencapai kedaulatan pangan 2045. Namun, keseriusan pemerintah dalam berbagai programnya juga sangat diperlukan," ujar Soetriono. Senin 21 Oktober 2024.

BACA JUGA:Rektor Unej Buka Sarazi Beras Fortifikasi TM3 Catatkan Rekor Muri

Soetriono juga menyoroti pentingnya pencanangan swasembada berbagai komoditas pangan. Menurutnya, hingga saat ini pencapaian swasembada belum optimal. "Pemerintah perlu memberikan perhatian serius terhadap sektor pertanian, termasuk memberikan subsidi kepada petani dan membatasi impor," tegasnya.

Selain itu, Soetriono juga menekankan pentingnya regulasi yang jelas terkait penggunaan lahan pertanian. "Lahan-lahan pertanian produktif harus dilindungi agar tidak dikonversi untuk kepentingan lain," imbuhnya.

Dalam dialog tersebut, para narasumber yang terdiri dari para ahli di bidang pertanian memberikan berbagai pandangan dan solusi terkait permasalahan pangan di Indonesia. Mereka menekankan pentingnya peran generasi muda, khususnya mahasiswa, dalam mengembangkan inovasi-inovasi baru di bidang pertanian.

BACA JUGA:Unej dan Kauje Siap Gelar Munas VI, Undang 2 Menteri

Dengan digelarnya dialog ini, diharapkan mahasiswa Unej dapat terinspirasi untuk berkontribusi aktif dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Selain itu, dialog ini juga menjadi ajang untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam pengembangan sektor pertanian di Indonesia.(edy)

Sumber: