Operasi Zebra Semeru 2024 Digelar, Jember Siap Ciptakan Kamseltibcarlantas

Operasi Zebra Semeru 2024 Digelar, Jember Siap Ciptakan Kamseltibcarlantas

Wakapolres dan Kasat Lantas Polres dampingi Dandim 0824/Jember Letkol Arm Indra Andriansyah.G.Dip, M.Han, sosialisasi penting nya tertib berlalulintas--

JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam upaya menciptakan kondisi lalu lintas yang aman dan tertib, Polres JEMBER resmi menggelar Operasi Zebra Semeru 2024. Upacara pembukaan dilaksanakan pada Senin 14 Oktober 2024 di halaman Mapolres JEMBER. Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen Forkopimda Plus dan ratusan personel gabungan.

Operasi yang akan berlangsung selama 14 hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas, terutama menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Fokus utama operasi ini adalah pada pelanggaran-pelanggaran yang sering menyebabkan kecelakaan, seperti tidak menggunakan helm, melanggar rambu lalu lintas, dan menggunakan ponsel saat berkendara.

Upacara pasukan yang diikuti oleh personel dari berbagai instansi, termasuk anggota Polres Jember, Korps PM, Kodim 0824, Dishub, Satpol PP, serta dinas terkait lainnya, berlangsung dengan khidmat. 

BACA JUGA:Polres Jember Bongkar Sindikat Pemalsuan Dokumen, Layani Pembuatan SIM hingga NPWP Palsu

Dalam amanat Kapolda Jawa Timur, Irjen Imam Sugianto, yang dibacakan oleh Wakapolres Jember, Kompol Jimmy Heryanto, disampaikan ajakan kepada seluruh masyarakat untuk patuh terhadap peraturan lalu lintas sebagai bagian dari upaya menjaga keselamatan bersama di jalan raya.

"Masyarakat perlu menyadari bahwa tertib berlalu lintas tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga menjaga keselamatan orang lain di jalan raya. Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman harus menjadi tanggung jawab bersama," ucap Wakapolres dalam pidatonya.

Operasi Zebra Semeru 2024 melibatkan 3.469 personel yang terdiri dari 348 personel Polda Jawa Timur dan 3.121 personel dari Satwil jajaran Polda Jawa Timur. Mereka akan ditempatkan di berbagai titik strategis, termasuk ruas jalan tol, jalan arteri, serta wilayah yang dikenal rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Langkah ini dilakukan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas dan menegakkan aturan berkendara di seluruh wilayah Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Jember.

BACA JUGA:Kapolres Jember Hadiri Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah Pimpinan DPRD Periode 2024-2029

Seusai gelar pasukan, sebagai simbol dimulainya Operasi Zebra Semeru 2024, Forkopimda Plus melakukan penempelan stiker tertib lalu lintas pada mobil dan motor yang melintas di Jalan Kartini, Jember. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat bahwa pentingnya mematuhi aturan lalu lintas guna menciptakan suasana berkendara yang aman dan nyaman.

Kapolres Jember melalui Wakapolres Kompol Jimmy Heryanto menambahkan bahwa operasi ini bukan sekadar penegakan hukum, tetapi juga upaya preventif dan edukatif. 

"Kami berharap dengan adanya Operasi Zebra ini, masyarakat lebih sadar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Edukasi ini juga dilakukan melalui pendekatan yang humanis dan memberikan pemahaman kepada pengguna jalan untuk selalu tertib." Ujarnya 

BACA JUGA:Siaga Pilkada, Polres Jember Cek Kesehatan Anggota Secara Rutin

Selain itu, Wakapolres juga menekankan bahwa operasi ini akan berfokus pada sejumlah pelanggaran yang paling sering menyebabkan kecelakaan, seperti pengendara yang tidak menggunakan helm, pelanggaran rambu lalu lintas, penggunaan handphone saat berkendara, dan pengendara di bawah umur.

Operasi Zebra Semeru 2024 diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap keamanan berlalu lintas, terutama menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang merupakan momen penting bagi negara. Upaya ini juga diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Jember dan memberikan efek jera kepada pelanggar aturan lalu lintas.

Sumber: