Polres Madiun Kota Gelar Operasi Zebra Semeru 2024

Polres Madiun Kota Gelar Operasi Zebra Semeru 2024

Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto melakukan penyematan sebagai tanda dimulainya Ops Zebra Semeru 2024.-Andhika Abdillah-

MADIUN, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam rangka meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas), Polres Madiun Kota Operasi Zebra Semeru 2024. Operasi ini ditandai dengan apel bersama ratusan personel gabungan di Mapolres Madiun Kota, Senin 14 Oktober 2024.

BACA JUGA:Polres Madiun Kota Ringkus 12 Tersangka Narkoba, Salah Satunya ASN

Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto mengatakan, operasi ini digelar selama dua pekan. Yakni mulai 14-27 Oktober 2024. 

Ada sembilan prioritas yang menjadi sasaran giat itu. Yaitu berboncengan lebih dari satu orang, melawan arus, melebihi batas kecepatan, pengendara di bawah umur, tidak memakai helm standar nasional indonesia (SNI), tidak pakai safety belt, menggunakan handphone saat berkendara, mengemudi dalam pengaruh alkohol, serta kendaraan yang digunakan tak sesuai dengan ketentuan.

BACA JUGA:Jelang Pendaftaran Calon Pilkada, Polres Madiun Kota Gelar Apel Pasukan

"Dalam Ops Zebra Semeru 2024 ini, kami menitikberatkan kegiatan preemtif, preventif, dan penegakan hukum di bidang lalu lintas," ujarnya.

BACA JUGA:Satlantas Polres Madiun Kota Ajak Driver Ojol Jadi Duta Keselamatan Lalu Lintas

"Kami menerjunkan 69 personel dari Mapolres Madiun Kota. Itupun, masih bisa lebih karena ada bantuan personel dari stakeholder terkait," tambahnya.

BACA JUGA:Sepekan Operasi Patuh, Satlantas Polres Madiun Kota Tilang 840 Pelanggar dan Layangkan 2.803 Teguran

Kapolres mengungkapkan, pekan pertama pihak kepolisian berfokus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait tata tertib berlalu lintas yang baik dan benar. Kemudian, satu minggu sisanya, akan digunakan untuk penegakan hukum khususnya kepada pelanggar lalu lintas (lalin) yang berpotensi menyebabkan kecelakan lalu lintas (laka lantas).

BACA JUGA:Kapolres Madiun Kota Apresiasi Pelaksanaan Suroan dan Suran Agung Perguruan Silat

"Kami menggunakan beberapa sistem. Mulai dari hunting, hingga ETLE (electronic traffic law enforcement) statis maupun mobile," ungkapnya.

BACA JUGA:Polres Madiun Kota Terjunkan Ratusan Personel Amankan Bulan Suro

Menurutnya, pembagian titik fokus yang berbeda itu memang diperlukan. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang acuh tak acuh dengan tata tertib berlalu lintas ketika tidak ada polisi yang berjaga. Sehingga, ia berharap, dengan adanya Ops Zebra Semeru ini bisa merubah pola pikir masyarakat bahwa keselamatan lalu lintas merupakan kebutuhan masing-masing pribadi.

Sumber: