Tekan Inflasi, Dinas Perindag Pasar Kabupaten Malang Gelar Pasar Murah

Tekan Inflasi, Dinas Perindag Pasar Kabupaten Malang Gelar Pasar Murah

Plt Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat membuka pasar murah dan mengajak berbagai pihak berkolaborasi untuk menekan inflasi.--

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pasar (Perindag Pasar) Kabupaten Malang bekerjasama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Malang menggelar pasar murah.

Kepala Dinas Perindag Pasar Kabupaten Malang Drs M. Nur Fuad Fauzi MT menyampaikan pasar murah yang dilakukan pada 7 titik ini selain menekan inflasi daerah juga dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Malang ke 1264.

“Rencananya (pasar murah, red) ini akan kami lakukan pada 7 lokasi di wilayah Kabupaten Malang, dengan diawali di Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Lawang,” ujarnya, Minggu 13 Oktober 2024.

BACA JUGA:Gugatan Pasar Hewan Pakis Bisa Gagalkan Proses Jual Beli Antara Pemkab Malang dan Imam Qurtubi

Fuad menjelaskan dalam gelaran pasar murah ini diikuti sebanyak 52 peserta. DIantaranya, distributor PT Indomarco Adi Prisma, PT Indomarco Prismatama, PT Sumber AlfariaTrijaya, PG. Krebet baru, PG Kebonagung, Bulog, perusahaan perdagangan Industri IKM dan UKM yang ada di kecamatan Lawang, Asosiasi Pasar Tani (Aspartan) dan beberapa dinas anggota TPID, Bank Indonesia dan Bank Jatim

Menurutnya, semua rekanan akan menjual barangnya di bawah harga pasar. Seperti gula pasir dari PG. Krebet Baru sebanyak 1/2 ton dan dari PG Kebonagung sebanyak 250 kg, beras SPHP sebanyak 2 ton berasal dari Bulog, minyak goreng sebanyak 240 liter oleh Bulog, 100 liter minyak goreng yang disediakan oleh perusahaan perdagangan Indonesia.

Selanjutnya, paket sembako murah dari Indomart dan Alfamart, bawang merah/ putih, cabai, sayur oleh petani IKN binaan BI dan juga dari IKN binaan Bank Jatim, serta beberapa makan olahan dari binaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

BACA JUGA:Pemkab Malang Siapkan 40 Ribu Hektare untuk Program Swasembada Pangan

“Kegiatan ini juga diikuti beberapa UKM binaan OPD, seperti dari Dinas Perikanan, Dinas Koperasi, Ketahanan Pangan, Dinas Tanaman Pangan Holtikutura dan Perkebunan (DTPHP), Dinas Peternakan, Bagian Perekonomian dan Dinas Perikanan,” terang Fuad.

Dijelaskan, kegiatan ini selain untuk menekan inflasi, karena menjelang Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru), juga rangkaian memperingati HUT Kabupaten Malang ke 1264. “Ini juga sebagai bentuk nyata intervensi Pemerintah Kabupaten Malang dalam upaya mengendalikan Inflasi,” jelasnya.

Diharapkan, gelaran pasar murah ini dapat memberikan pelayanan pada masyarakat, khususnya di wilayah Kelurahan Kalirejo dan secara umum wilayah kecamatan Lawang. “Dari 7 titik lokasi pasar murah tersebut, untuk yang pertama akan diresmikan oleh Plt. Bupati Malang Drs Didik Gatot Subroto,” imbuhnya.

BACA JUGA:Puluhan Aset Pemkab Malang Dikuasai Pihak Ketiga

Pasar murah akan dilaksanakan di Kecamatan Gedangan (Kantor Desa Segaran), Kecamatan Sumbermanjing Wetan (kantor kecamatan), Kecamatan Donomulyo (lapangan Dawung), Kecamatan Wagir (pasar sentra Desa Sitirejo), Kecamatan Pagelaran (Kantor Desa Brongkal, Kecamatan Bantur (Kantor Desa Rejoyoso).

Bersamaan dilakukan pemantauan mengenai harga bahan pokok, dan apabila diperlukan maka akan dilakukan langkah pengendalian. “Tidak menutup kemungkinan juga akan dilakukan ops pasar, pada 4 titik bisa lebih karena kegiatan ini masih menunggu hasil survei yang dilakukan oleh TPID,” jelas Fuad.

Sumber: