Entaskan Kemiskinan, Pj Wali Kota Malang Perkuat Kolaborasi Lembaga ZIS

Entaskan Kemiskinan, Pj Wali Kota Malang Perkuat Kolaborasi Lembaga ZIS

Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan mendorong kolaborasi untuk mengentas kemiskinan.-Ariful Huda-

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Upaya mengentaskan kemiskinan, Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM memperkuat kolaborasi antara Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Malang, Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ).

Ini dilakukan pada acara ‘Peningkatan Kapasitas LAZ dan UPZ’, di Tychi Hotel Kota Malang, Rabu 9 Oktober 2024. Turut hadir mendampingi Kementerian Agama Kota Malang, Kabag Kesra, Pimpinan Baznas Kota Malang, dan Pimpinan FOZ Kota Malang.

BACA JUGA:Peringati Bulan Muharram, Baznas Kota Malang Santuni 1000 Anak Yatim

Iwan menekankan pentingnya kolaborasi berbagai pihak dalam membantu pengentasan kemiskinan di Kota Malang. 

“Apabila dilakukan oleh berbagai pihak, kolaborasi ini akan mampu memberdayakan masyarakat yang sebelumnya merupakan penerima zakat menjadi masyarakat yang lebih berdaya,” katanya. 

Iwan menambahkan sistem pendistribusian zakat yang lebih efektif perlu dilakukan dengan memberikan ‘kail’ kepada kaum duafa, bukan hanya ‘ikan’. Artinya, lembaga zakat harus fokus pada pemberdayaan, bukan hanya memberikan bantuan sementara tetapi dengan memberikan pelatihan keterampilan, modal usaha, atau alat wirausaha, sehingga diharapkan kaum dhuafa dapat mandiri dan mencari nafkah secara berkelanjutan.

BACA JUGA: Pemkot Malang Kenalkan 'Ojir' ke Masyarakat Binaan Baznas

“Apabila kita memberikan kail, mereka tidak hanya diberi bantuan sekali, tetapi mereka belajar untuk mandiri dan mencari rezeki dengan usaha mereka sendiri. Inilah konsep pemberdayaan yang harus kita dorong,” ujarnya.

Selain itu, Iwan menekankan bahwa pengelolaan dana zakat harus dilakukan dengan transparan dan akuntabel agar manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan.

BACA JUGA:Baznas dan PKK Kota Malang Serahkan Bantuan Bedah Rumah

“Peningkatan kapasitas pengelola zakat sangat penting. Melalui LAZ dan UPZ yang lebih profesional, kita bisa memastikan bahwa zakat yang terkumpul bisa dikelola secara optimal dan memberikan dampak yang nyata bagi kesejahteraan umat,” terangnya.

BACA JUGA:Lantik Pengurus Baznas, Walikota Sebut Potensi Zakat Kota Malang Tinggi

Iwan memberikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan acara ini sebagai langkah penting dalam meningkatkan sistem pengelolaan zakat yang lebih efektif. Diharapkan, para LAZ dan UPZ yang ada di Kota Malang dapat terus mengajak para muzakky (pemberi zakat) untuk berzakat dengan lebih aktif dan ikhlas.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini. Tentu perhatian pemerintah dan seluruh stakeholder disini dikumpulkan dengan beberapa lembaga yang berperan sangat besar untuk pengelolaan zakat selain Baznas. Ke depan, saya berharap melalui forum seperti ini ada beberapa rencana aksi yang akan kita susun untuk meningkatkan pelaksanaan zakat di Kota Malang,” urainya. (pkp/ari)

Sumber: