Kantah ATR/BPN Tulungagung Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024

Kantah ATR/BPN Tulungagung Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024

Kepala Kantah Tulungagung, Ferri Saragih bersama staf jajaran.--

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - Kantor Pertanahan (Kantah) ATR/BPN Kabupaten Tulungagung memperingati hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada Selasa 1 Oktober 2024 dengan menggelar upacara bendera.

Upacara bendera ini dilaksanakan di halaman Kantah ATR/BPN Tulungagung, dipimpin langsung Kepala Kantah ATR / BPN Tulungagung, Ferri Saragih, dan diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai Kantah ATR/BPN Tulungagung.

Dalam kesempatan itu, Kakantah ATR/BPN Tulungagung, Ferri Saragih membacakan ikrar dari Ketua DPR RI, Dr (H.C.) Puan Maharani.

BACA JUGA:Kantah ATR/BPN Tulungagung Gelar Rapat Laporan Akhir, Penyusunan Data Penerima Akses Reforma Agraria

"Bahwa sejak diproklamirkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya tidak banyak terjadi rongrongan baik dari dalam maupun dari luar negeri terhadap NKRI.

Bahwa rongrongan ini dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara," ujarnya.

Ferri mengungkap misteri dengan semangatnya kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi NKRI.

BACA JUGA:Kantah ATR/BPN Tulungagung Rapat Penyusunan Hasil Pengendalian Atas Tanah Bersama OPD Terkait

"Maka di hadapan Tuhan YME dalam memperingati hari ini, maka kami membulatkan tekad, tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI," terangnya.

Pihaknya mengajak peserta upacara memahami pentingnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

"Kami sampaikan tentang pentingnya dasar negara Pancasila dan pentingnya keberadaan Pancasila di zaman modern ini," tuturnya.

BACA JUGA:Gelar Apel Pagi, Kepala Kantah ATR/BPN Tulungagung Ingatkan Progress PTSL

Menurutnya, keberadaan Pancasila sangat penting bagi bangsa dan masyarakat Indonesia. Apalagi dewasa ini banyak tantangan dan ancaman dari luar yang berpotensi mengancam kedaulatan bangsa, namun dengan mengamalkan sila-sila dalam Pancasila, maka tantangan itu bisa dihadapi dengan baik.

"Dengan Pancasila, bisa kita tolak segala ancaman yang berpotensi merusak kedaulatan dan memecah belah bangsa," jelasnya.

Sumber: