Kemenkumham Maluku Jadikan Hari Kesaktian Pancasila Momentum Teguhkan Komitmen Terhadap Ideologi Negara

Kemenkumham Maluku Jadikan Hari Kesaktian Pancasila Momentum Teguhkan Komitmen Terhadap Ideologi Negara

Kemenkumham Maluku memperingati Hari Kesaktian Pancasila--

AMBON, MEMORANDUM.CO.ID -  Dalam suasana penuh khidmat, Kanwil Kemenkumham Maluku memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada hari ini, Selasa 1 Oktober 2024. Dalam upacara yang berlangsung di Rooftop Kantor Wilayah ini, Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo bertindak sebagai Inspektur Upacara, Perwira Upacara Kepala Bidang Hukum Abd. Malik Wagola, dan Komandan Upacara  Kepala Sub Bidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara Dan Keamanan Jefry Rooy Persulessy diikuti oleh seluruh jajaran pegawai Kanwil Kemenkumham Maluku.

Upacara peringatan ini semakin khidmat dengan pembacaan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Kegiatan ini menjadi momentum bagi seluruh peserta untuk meneguhkan kembali komitmen terhadap Pancasila sebagai dasar negara.

Mengangkat tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersatu padu dalam membangun negara yang adil, makmur, dan sejahtera.

BACA JUGA:Respon Permintaan Persetujuan, Kemenkumham Maluku Gelar Rapat Majelis Kehormatan Notaris

Selepas pelaksanaan upacara, Kanwil Kemenkumham Maluku kemudian mengikuti Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Youtube Kemendikbud RI.

Kemudian, secara tegas Kakanwil menyampaikan akan pentingnya menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Beliau juga menekankan bahwa Pancasila merupakan satu-satunya ideologi negara yang telah terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk.

"Hari ini kita kembali diingatkan akan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan Pancasila. Sebagai generasi penerus, kita harus melanjutkan perjuangan mereka dengan cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tegas Hendro.

BACA JUGA:Maulid Nabi Muhammad Momentum Membangun Karakter ASN Kemenkumham Maluku BerAkhlak

Lebih lanjut, Kakanwil menambahkan nilai-nilai Pancasila harus menjadi pedoman dalam setiap langkah pembangunan bangsa. "Dengan berpedoman pada Pancasila, kita yakin Indonesia akan mampu mewujudkan cita-cita sebagai negara maju," ujarnya.(mik)

Sumber: