Tutup Porseni Lapas Ambon, Kakanwil : Ini Bentuk Pola Kepribadian Dalam Kebersamaan dan Sportivitas WBP

Tutup Porseni Lapas Ambon, Kakanwil : Ini Bentuk Pola Kepribadian Dalam Kebersamaan dan Sportivitas WBP

Penutupan Porseni--

MALUKU, MEMORANDUM.CO.ID – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku tutup acara Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berlangsung pada lapangan olahraga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIa Ambon. Sabtu 28 September 2024.

Dalam menutup kegiatan Porseni, hadir pula Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Maizar beserta jajaran pejabat Fungsional dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Se Kota Ambon.

BACA JUGA:Maulid Nabi Muhammad Momentum Membangun Karakter ASN Kemenkumham Maluku BerAkhlak

Porseni yang berlangsung selama 1 Bulan sejak dibuka tanggal 10 Agustus lalu merupakan Rangkaian kegiatan dalam menyongsong dan memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Hari Pengayoman, HUT Provinsi Maluku, sampai dengan HUT Kota Ambon.

Sebelumnya Kakanwil menerangkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk penjawantahan atas tugas pokok dan fungsi Pemasyaratan yang bukan lagi sebagai penjara, tetapi memiliki peran dalam membina dan mengayomi Warga Binaan untuk bisa Kembali serta di terima oleh Masyarakat dengan rasa dihargai sebagai manusia seutuhnya.

“Bentuk Pola Kepribadian mereka, untuk Kembali ada semangat bahwa mereka memiliki nilai dalam diri mereka sebagai pribadi yang Merdeka. Masuk dalam rasa bersalah, dan Ketika bebas bisa berguna bagi Masyarakat sekelilingnya. Bukan hanya pembinaan Rohani yang dilakukan di dalam Lapas, tetapi juga pembinaan keahlian kerja seperti pertukangan, instalasi Listrik dan mekanik sampai juga pada reparasi Sofa.” Ucap Hendro

BACA JUGA:MIPC Kumham Maluku 2024: Layani 154 Permohonan KI dan Sukun Tenga-Tenga Resmi Didaftarkan Indikasi Geografis

Berbagai Lomba pun dilaksanakan dalam kegiatan Porseni ini. Mulai dari Balap Karung dan Bakiak, Futsal, Volly, Paduan Suara dan Vocal Group sampai dengan kearifan local berupa Lomba Makan Papeda pada 11 September silam.

Dalam sambutan menutup Porseni tersebut Kakanwil menegaskan tentang kegiatan ini bukan hanya sekedar memenangkan medali atau trofi, tetapi juga tentang semangat kebersamaan dan sportivitas, saling menghargai satu sama lain, serta untuk menjalin hubungan silaturahmi antar sesama warga binaan dan juga para pegawai pada Lapas Kelas IIA Ambon.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kalapas dan seluruh panitia serta pihak yang berkontribusi demi terselenggaranya acara ini, . Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni ini, sebagai upaya untuk menggeliatkan kegiatan Olahraga sebagai bagian dari usaha menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu pula dapat menggali bakat seni di kalangan warga binaan, sehingga dengan demikian mengurangi kecenderungan adanya keinginan untuk melakukan hal – hal negatif di dalam Lapas.” Tutup Kakanwil

BACA JUGA:Evaluasi Kinerja dalam Rakor Dukman, Kakanwil Kemenkumham Maluku Tekankan Pentingnya Sinergi dan Inovasi

Selanjutnya Acara disambung dengan pembagian Hadiah bagi para juara perlombaan dan juga panggung music hiburan.

Sumber: