UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Mengabdi: Qaryah Thayyibah di Kampung Topeng Malang

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Mengabdi: Qaryah Thayyibah di Kampung Topeng Malang

Dr. Hj. Rofiqah, M.Pd., C.Ht, Dr. Tristiadi Ardi Ardani, M.Si, Dr. H. Sutrisno, M.Pd.--

 

I. Closing Ceremony 

Closing Ceremony merupakan penutup dari rangkaian pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memperkuat hubungan antar anggota keluarga melalui pendekatan yang menekankan pada empati, penerimaan, dan mendengarkan aktif 

 

 

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman teori, tetapi juga aplikasi praktis yang relevan dengan kondisi sosial peserta. Dengan penutupan ini, kami berharap seluruh peserta dapat menerapkan nilai-nilai yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Terakhir, sangat direkomendasikan untuk memprioritaskan pengembangan masyarakat dan pembangunan wilayah transisional desa-kota, seperti Kecamatan Kedungkandang, tidak hanya demi keadilan sosial, tetapi juga demi masa depan kota. Mengutip McNamara (1976), presiden Bank Dunia, "If cities do not begin to deal more constructively with poverty, poverty may begin to deal more destructively with cities". Jika kota-kota tidak menangani kemiskinan secara lebih konstruktif, maka sangat boleh jadi kemiskinan akan menghantam kota-kota itu secara lebih destruktif (Rosidi, 2021).

Sumber: