Jelang Pilkada Serentak 2024, Bakesbangpol Kota Batu Sosialisasi Menyasar Ponpes

Jelang Pilkada Serentak 2024, Bakesbangpol Kota Batu Sosialisasi Menyasar Ponpes

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Batu Muhammad Januar Juniar memberikan pemapaparan sosialisasi Pilkada 2024 di depan santri dan santriwati Kota Batu.-Ariful Huda-

BATU, MEMORANDUM.CO.ID – Menjelang Pilkada Serentak 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Batu menggelar sosialisasi kepada puluhan pondok pesantren (ponpes), melibatkan ratusan santri dan pengasuh. 

BACA JUGA:KPU Kota Batu Umumkan Hasil Rekapitulasi dan Penetapan DPT 166.942 di Pilkada 2024

Acara ini berlangsung di EL Hotel, Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu, Kamis 26 September 2024, dengan tujuan untuk memastikan para santri menjadi pemilih yang berintegritas dan cerdas dalam menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada Kota Batu untuk memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode 2024-2029 pada 27 November 2024.

BACA JUGA:KPU Kota Batu Rakor Pembentukan KPPS Pilkada Serentak 2024

Kepala Bakesbangpol Kota Batu Ahmad Dahlan menegaskan, bahwa sosialisasi ini merupakan bagian dari tugas pemerintah daerah dalam memastikan pelaksanaan Pilkada yang sukses dan partisipatif.

“Fasilitasi sosialisasi ini bertujuan untuk menjaring suara masyarakat, terutama pemilih pemula yang mungkin belum memahami proses dan tata cara memilih pemimpin pada Pilkada 2024,” ujarnya.

BACA JUGA:Sarasehan Bersama Media Wujudkan Pemberitaan Pilkada Damai

Bakesbangpol bekerja sama dengan KPU Kota Batu, Bawaslu, Kejaksaan Negeri, dan TNI dalam rangka menyukseskan Pilkada 2024, menyasar organisasi masyarakat (ormas) dan ponpes. Acara ini berlangsung selama tiga hari, dari Selasa 24 September 2024 hingga Kamis 26 September 2024.

BACA JUGA:Jelang Pilkada 2024, Kota Batu Siap Wujudkan Pilkada Aman

Dalam sosialisasi ini, tercatat ada 105 ormas yang terdaftar di Bakesbangpol Kota Batu, dengan 250 peserta. Sebanyak 33 dari total 48 Ponpes yang ada di Kota Batu turut mengirimkan dua perwakilan masing-masing.

Ahmad Dahlan berharap bahwa dengan adanya sosialisasi ini, tingkat partisipasi pemilih dapat meningkat dari Pilkada 2017, yang mencapai 82 persen, menjadi 93 persen pada Pilkada 2024.

BACA JUGA:KPU Kota Batu Luncurkan Tahapan Pilkada

"Target kami optimis bisa mencapai 93 persen untuk kesuksesan Pilkada 2024," ujarnya.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Batu, Muhammad Januar Juniar, turut menyampaikan pentingnya menjaga etika berpolitik. Ia mengingatkan para peserta untuk menghindari kampanye hitam dan penyebaran informasi yang tidak benar, karena hal tersebut dapat mengandung unsur pidana.

Sumber: