KPU Tetapkan 3 Paslon Cagub Jatim, Senin Besok Undian Nomor Urut

KPU Tetapkan 3 Paslon Cagub Jatim, Senin Besok Undian Nomor Urut

Ketua KPU Jatim bersama komisinoner KPU Jatim dalam penetapan paslon Cagub-Cawagub Jatim.-Rahmad Hidayat-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim resmi menetapkan tiga Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jatim 2024, Minggu, 22 September 2024. Menarik saat penetapan, ada pasangan calon yang tidak menyertakan gelar pendidikan. Ada pula paslon cagub yang meminta mencantumkan nama panggilan karib.

BACA JUGA:Tekan Golput, KPU Jatim Dorong Partisipasi Pemilih di Pilkada Serentak 2024

Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi mengatakan, berdasarkan proses verifikasi berkas baik persyaratan pencalonan, syarat calon, kesehatan dan syarat lainnya tuga bapaslon yang mendaftar memenuhi syarat untuk maju kontestasi Pilgub Jatim 2024

BACA JUGA:Dihadapan KPU Jatim, Risma-Gus Hans : Takdir Disatukan di Tanah Suci Resik-resik Jawa Timur

"Ketiganya kami nyatakan diterima dan di Jawa Timur secara resmi ada tiga pasangan calon yang telah ditetapkan," kata Aang Kunaifi.

BACA JUGA:Antar Daftar ke KPU Jatim, Koalisi KAWANKoE Dukung Khofifah-Emil Dua Periode

Disampaikan Aang, undian nomor urut dilakukan Senin 23 September 2024, besok. Tahapan pengundian nomor urut akan diikuti seluruh pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur bersama partai politik pengusung.

BACA JUGA:Diantar Parpol Pengusung, Khofifah-Emil Daftar Awal ke KPU Jatim

Sementara itu, Komisioner KPU Jatim Choirul Umam menyampaikan, pasangan claon (paslon) Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak yang memilih tidak mencantumkan gelar pendidikan maupun haji. Sementara dua paslon lainnya, Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta dan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim menyertakan gelarnya. 

BACA JUGA:Begini Suasana Kediaman Khofifah Beberapa Jam Sebelum Pendaftaran Cagub-Cawagub ke KPU Jatim

"Itu sesuai permintaan calon, seperti Bu Khofifah itu kan akhirnya menghilangkan gelar. Kalau Bu Risma dan Bu Luluk serta pasangannya mencantumkan. Sesuai permintaannya," ujar Choirul Umam usai penyerahan SK Salinan Penetapan Paslon Pilgub Jatim.

BACA JUGA:Sisakan 2 Partai, Khofifah-Emil Pagi Ini Daftar Cagub-Cawagub ke KPU Jatim

Komisinoner KPU Jatim yang akrab disapa Umam ini, juga mengungkap kalau ada calon yang meminta penambahan nama. Seperti Khofifah yang meminta ada nama Indar Parawansa yang merupakan nama suaminya. Kemudian Zahrul Azhar Asumta meminta ditambahi panggilan karibnya, Gus Hans.

BACA JUGA:KPU Jatim Sosialisasi 39 Maskot Pilkada di Kota Tua, Sejarah Peradaban, dan Titik Kumpul Masyarakat

Sumber: