Siang Malam Plt Bupati Sidoarjo Sisir Warga yang Butuh Bantuan

Siang Malam Plt Bupati Sidoarjo Sisir Warga yang Butuh Bantuan

Plt Bupati Sidoarjo Subandi menemui warga yang butuh bantuan. -Budi Joko Santoso-

BACA JUGA:Sidoarjo Gerak Cepat, Plt Bupati Serahkan 58 SK Penambahan Masa Jabatan Kades

Sampai saat ini, Subandi terus menyisir warga Sidoarjo yang kurang mampu. Termasuk ke rumah Ismail dan lainnya. 

Tak hanya di rumah Ismail. Subandi juga mengunjungi Suraji warga RT 1/RW 2, Budengan, Desa Mulyodadi, Kecamatan Wonoayu. Subandi memberikan bantuan bedah rumah tidak layak huni.

Kondisi rumah milik Suraji kurang layak untuk dijadikan tempat tinggal. Dinding rumahnya terbuat dari kayu dan sudah lapuk. Atapnya juga banyak yang bolong, lantai masih tanah. Tidak ada lemari. 

Sehari-hari, Suraji hanya bekerja serabutan, tidak memiliki pekerjaan tetap. Hanya menunggu ada orang yang menyuruh, baru dia bisa bekerja.  

BACA JUGA:Plt Bupati Sidoarjo Berangkatkan Peserta Gowes

“Kondisi semacam ini tidak boleh dibiarkan.  Apalagi anak dari Pak Suraji ini masih kecil. Makanya ketika saya dapat laporan ada warga Sidoarjo yang  tinggal di rumah kurang layak, saya langsung sidak untuk memberikan bantuan bedah rumah,” ungkap Subandi.

Subandi juga menanyakan, apakah sudah punya BPJS Kesehatan? Keluarga Suraji menjawab sudah punya BPJS Kesehatan gratis. Abah Bandi hanya ingin memastikan setiap warga Sidoarjo dapat layanan kesehatan yang memadai.

Pemkab Sidoarjo sudah menerapkan Universal Health Coverage (UHC). Artinya warga yang belum memiliki BPJS Kesehatan tetap bisa berobat ke rumah sakit milik pemerintah.

“Jadi cukup dengan surat keterangan tidak mampu dari desa, nanti biaya rumah sakitnya bisa di-cover Pemkab Sidoarjo. Jadi tidak harus menunggu tanda tangan camat. Cukup keterangan dari kepala desa saja,” ungkapnya.

Kepala Desa Mulyodadi Slamet Priyanto mengakui kerja Plt Bupati Sidoarjo Subandi sangat responsif dan langsung turun ke bawah (turba). Dirinya langsung merespons cepat ketika ada warga yang membutuhkan bantuan.

Hal itu membuat kerja kepala desa semakin nyaman. Sebab banyak sekali keluhan warga yang tidak dapat ditangani oleh pemerintah desa.

“Begitu kita sampaikan ke pak bupati, tidak butuh waktu lama langsung ditindaklanjuti. Tadi beliau juga menyampaikan dua minggu lagi rumah pak Suraji akan diperbaiki,” ujarnya.

“Ini yang benar-benar kami harapkan, sosok pemimpin yang responsif dan memahami kondisi masyarakat. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Bupati Subandi yang telah membantu warga kami,” ujarnya. (nrl/zae/jok)

Sumber: