Kantor Imigrasi Surabaya Raih Penghargaan, Ramdhani: Jejak Sejarah Keimigrasian yang Tak Ternilai

Kantor Imigrasi Surabaya Raih Penghargaan, Ramdhani: Jejak Sejarah Keimigrasian yang Tak Ternilai

Kakanim Pematang Siantar Yusfa Aditya, Kakanim Surabaya Ramadhani, dan Kakanim Blitar Arief Yudhistira. -Sujatmiko-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.IDKantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya mencatat prestasi gemilang dengan menerima penghargaan sebagai unit pelaksana teknis (UPT) dengan koleksi benda sejarah keimigrasian terbanyak dalam Seminar Perpustakaan Imigrasi 2024.

BACA JUGA:Sah! Jabatan Kakanim Surabaya Diserahterimakan ke Pejabat Baru

Acara yang berlangsung di Hotel The Sakala Resort Bali pada 11-12 September 2024 ini menjadi sorotan penting bagi instansi keimigrasian di seluruh Indonesia.

Dengan tema "Menuju Pusat Literasi Keimigrasian di Indonesia," seminar ini tak hanya menyoroti pentingnya literasi keimigrasian, tetapi juga menggarisbawahi peran perpustakaan dalam menjaga warisan sejarah dan budaya.

BACA JUGA:Berbagai Inovasi Permudah Pelayanan Masyarakat, Kakanim Surabaya Jadi Bintang Tamu di MemorandumTV

Kepala Kantor Imigrasi Surabaya Ramdhani menegaskan bahwa koleksi benda sejarah di Kantor Imigrasi Surabaya bukan sekadar barang lama, tetapi simbol nilai-nilai luhur yang diwariskan dari generasi ke generasi.

“Benda-benda seperti cap keimigrasian, alat verifikasi paspor, mesin cetak, hingga alat pengambilan bio metrik, adalah bukti nyata dari komitmen dan integritas petugas keimigrasian dalam menjalankan tugasnya," kata mantan Kadiv Keimigrasian Kemenkumham Bengkulu, Jumat 13 September 2024.

BACA JUGA:Kakanim Surabaya Ajak Generasi Penerus Lanjutkan Perjuangan Pahlawan

Lanjut Ramdhani, dengan melestarikannya benda-benda tersebut merupakan salah satu langkah menjaga dedikasi yang terus dijaga oleh petugas keimigrasian.

"Melestarikan benda-benda ini berarti menjaga semangat kejujuran, ketelitian, dan dedikasi yang harus terus hidup," sambungnya.

Acara ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting di bidang keimigrasian dan pustakawan dari berbagai instansi, termasuk Kakanwil Kemenkumham Bali yang membuka seminar secara resmi. 

BACA JUGA:Awali Kerja di 2021, Kakanim Surabaya Ajak Pegawai Bersyukur

Dalam sesi diskusi, para peserta mendalami peran perpustakaan dalam menunjang tugas harian instansi, di mana Pustakawan Ahli Muda Kemendikbudristek dan perwakilan dari Bank Indonesia memberikan strategi tentang pemanfaatan pojok baca di tempat kerja.

BACA JUGA:57 Pejabat Kemenkumham Dimutasi, Kepala Imigrasi Surabaya Dijabat Ramdhani

Sumber: