Berbagai Inovasi Permudah Pelayanan Masyarakat, Kakanim Surabaya Jadi Bintang Tamu di MemorandumTV

Berbagai Inovasi Permudah Pelayanan Masyarakat,  Kakanim Surabaya Jadi Bintang Tamu di MemorandumTV

Surabaya Chicco Ahmad Muttaqin menjadi bintang tamu di Podcast MemorandumTV.--

SURABAYA, MEMORANDUM- Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I Khusus TPI Surabaya  Chicco Ahmad Muttaqin menjadi bintang tamu di Podcast MemorandumTV, Rabu, 10 Oktober 2023.

 

Dalam Podcast yang dipandu host Eko Yudiono, Chicco menjelaskan tugas serta fungsi Kantor Imigrasi. Juga pelayanan dan dinovasi yang dilakukan oleh Imigrasi Surabaya sehingga memperoleh predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Kementerian PAN-RB.

 

Di awal Podcast, Chicco menjelaskan tugas dan fungsi Kantor Imigrasi. “Jadi Kantor Imigrasi Surabaya adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis di bidang keimigrasian di Jawa Timur. Wilayah kerja kantor imigrasi Surabaya meliputi sebagian Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Mojokero,” kata Chicco.

 

Sedangkan tugas dan fungsinya menurut Chicco adalah memberikan pelayanan di bidang keimigrasian, melakukan pengawasan keimigrasian, dan menjaga pintu gerbang negara melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya. 

Setelah Indonesia keluar dari Pandemi, fungsi pelayanan masyarakat terutama dalam penerbitan paspor lebih meningkat. Inovasi-inovasi dalam hal permohonan paspor mengalami peningkatan signifikan.

 

“Iya memang ada peningkatan permohonan paspor oleh masyarakat. Apalagi setelah pandemi, wisata ke luar negeri sudah dibuka kembali, juga umrah dan haji sudah dibuka maka ada peningkatan. Terkait hal itu antisipasi kita adalah menyediakan kuota paspor melalui M-Paspor. Permohonan paspor dapat dilayani juga tidak hanya di kantor imigrasi namun juga Unit Layanan Paspor (ULP) yang ada di BG Junction, Wiyung, Ciputra World, MPP Mojokerto, dan MPP Sidoarjo, serta LTSA Bendul Merisi,” jelasnya. 

 

Terkait dengan inovasi,  urai Chicco, pihaknya juga memiliki berbagai inovasi yang memudahkan kita dalam memantau penerbitan paspor per harinya.

 

“Kami punya inovasi aplikasi Lampu Sijuara yaitu Layanan Informasi Terpadu Imigrasi Juanda Surabaya. Dari sini kami dapat melihat berapa paspor diterbitkan, berapa izin tinggal dikeluarkan, berapa perlintasan orang keluar masuk Indonesia melalui Bandara Internasional Juanda, dan lain-lain,” bebernya.

Sumber: