Imigrasi Tanjung Perak Luncurkan Layar Perak, Dekatkan Layanan Paspor ke Wilayah Pelabuhan
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Novianto Sulastono, bersama Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, I Gusti Bagus M Ibrahiem, secara simbolik meresmikan pelayanan paspor Pelabuhan Tanjung Perak.--
SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Sebagai bentuk komitmen mendekatkan pelayanan kepada publik, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak resmi meluncurkan inovasi terbaru bertajuk Layanan Paspor di Pelabuhan Tanjung Perak atau disingkat Layar Perak, Senin 1 Desember 2025.
Peluncuran yang bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-54 ini dilaksanakan di Ruang Layanan Paspor pada Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), Jalan Kalimas Baru No. 97 A, Surabaya.
BACA JUGA:Kantor Imigrasi Tanjung Perak Raih Penghargaan Wali Kota Surabaya pada Peringatan Hari Pahlawan 2025

Mini Kidi--
Acara peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Novianto Sulastono, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta perwakilan instansi terkait di lingkungan pelabuhan.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, I Gusti Bagus M Ibrahiem, menjelaskan bahwa inisiasi Layar Perak hadir sebagai solusi strategis untuk mengurai kepadatan antrean pemohon paspor yang selama ini terpusat di kantor utama.
BACA JUGA:Kantor Imigrasi Tanjung Perak Raih Penghargaan di Hari Pahlawan
"Tepat di hari ulang tahun Korpri ke-54, kami secara resmi launching layanan ini. Ini wujud komitmen kami meningkatkan pelayanan keimigrasian, khususnya bagi masyarakat, komunitas instansi pemerintah, maupun swasta yang berada di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak," ujar I Gusti Bagus.
Ia menambahkan, kehadiran Layar Perak diharapkan mempermudah warga pesisir atau mereka yang berdomisili di Surabaya Utara agar tidak perlu menempuh jarak jauh ke kantor utama di kawasan Tandes.
"Kami ingin memecah konsentrasi masyarakat supaya tidak berlama-lama antre. Mana yang menguntungkan dan terdekat, masyarakat bisa memilih. Jika dekat pelabuhan, silakan ke sini. Jika di Tuban bisa ke UKK Bojonegoro, atau yang di Lamongan bisa ke Icon Mall Gresik," imbuhnya.
BACA JUGA:Eazy Passport Imigrasi Tanjung Perak Surabaya Beri Kemudahan bagi Calon Jemaah Haji 2026
Meski berlokasi di unit layanan pelabuhan, I Gusti Bagus memastikan standar pelayanan tetap sama dengan kantor pusat (SOP). Proses penyelesaian paspor memakan waktu tiga hari kerja setelah pembayaran, foto, dan pengambilan sidik jari.
"Sesuai arahan Direktorat Jenderal Imigrasi, kami melayani seluruhnya adalah paspor elektronik (E-Paspor)," tegasnya.
Sebagai informasi, Kantor Imigrasi Tanjung Perak memiliki kuota layanan total sekitar 300-400 pemohon per hari yang kini terbagi di beberapa titik layanan, yakni Kantor Utama (Tandes), ULP Pasar Atom, Immigration Lounge Icon Mall Gresik, UKK Bojonegoro, dan kini bertambah di TPI Pelabuhan Tanjung Perak.
Sumber:



