3.455 Maba Unusa Dikukuhkan, Rektor Pesan Jadi Motor Penggerak Masyarakat

3.455 Maba Unusa Dikukuhkan, Rektor Pesan Jadi Motor Penggerak Masyarakat

Rektor Unusa Prof Jazidie menyapa mahasiswa baru.--

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Sebanyak 3.544 mahasiswa baru (maba) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dikukuhkan. Jumlah tersebut terdiri dari mahasiswa program vokasi, akademik, dan profesi dari lima fakultas.

Yang lebih istimewa, di antara ribuan maba tersebut terdapat sejumlah penerima beasiswa yang diberikan dari berbagai program, baik oleh pemerintah maupun lembaga donor lainnya, termasuk dari Unusa sendiri. 

Rektor Unusa Prof Dr Ir Achmad Jazidie MEng mengungkapkan, pemberian beasiswa ini merupakan bagian dari misi sosial Unusa untuk memberikan kesempatan yang sama bagi setiap anak bangsa dalam mendapatkan pendidikan.

BACA JUGA:Helat Brave ke-4, Unusa Kenalkan Kekayaan Budaya Indonesia ke Internasional

"Pendidikan adalah hak setiap orang, dan Unusa berkomitmen untuk tidak hanya memberikan pendidikan yang berkualitas, tetapi juga memfasilitasi mahasiswa yang membutuhkan melalui berbagai beasiswa. Kami berharap, para penerima beasiswa ini dapat menjadi generasi muda yang berkontribusi besar bagi bangsa dan negara," jelas Prof Jazidie, Selasa, 10 September 2024.

Lebih lanjut, Prof Jazidie menegaskan pentingnya beasiswa sebagai wujud nyata dalam mendukung visi Unusa menjadi universitas yang mampu mencetak lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

“Kami tidak hanya mendidik mahasiswa untuk pintar, tetapi juga untuk peduli dan mau berkontribusi bagi masyarakat. Beasiswa ini adalah salah satu bentuk nyata untuk mewujudkan cita-cita tersebut,” tambahnya.

BACA JUGA:Terima Hibah Rp 300 Juta, Mahasiswa Vokasi Unusa Digratiskan Ikuti Uji Kompetensi

Beasiswa yang disalurkan kepada mahasiswa baru Unusa mencakup Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), Beasiswa Afirmasi Nahdliyin, Beasiswa Medcom, serta Beasiswa Santri Berprestasi yang difasilitasi oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

Kehadiran para penerima beasiswa ini menjadi salah satu kebanggaan tersendiri bagi Unusa, yang terus berkomitmen untuk membuka akses pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua kalangan, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan finansial namun berprestasi.

Rektor juga menyampaikan pesan khusus kepada seluruh mahasiswa baru, termasuk para penerima beasiswa. Dia berharap bahwa mereka tidak hanya fokus pada prestasi akademik, tetapi juga peduli terhadap isu-isu sosial di sekitarnya.

BACA JUGA:Bagi Waktu dengan Kuliah, Mahasiswi Keperawatan Unusa Torehkan Prestasi Pencak Silat

"Mahasiswa Unusa diharapkan bisa menjadi motor penggerak perubahan di masyarakat. Dengan berbagai fasilitas dan dukungan yang telah diberikan, termasuk beasiswa, kami berharap kalian bisa menjadi generasi yang mandiri, kreatif, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (YARSIS), selaku badan pengelola Unusa, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA berpesan agar mahasiswa bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru, baik mengenai cara belajar maupun cara menghadapi dosen.

Sumber: