Pantau Bantuan RTLH, Gus Ipul: Harus Tepat Sasaran

Pantau Bantuan RTLH, Gus Ipul: Harus Tepat Sasaran

Walikota Gus Ipul memberikan bantuan sosial RTLH kepada salah satu warga.--

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID- Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) menyerahkan bantuan sosial untuk perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kota Pasuruan. Wali Kota Pasuruan, H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyerahkan secara simbolis bantuan perbaikan kepada masyarakat penerima manfaat di seluruh Kelurahan di Kota Pasuruan, Senin 2 September 2024. Penyerahan dilakukan di Gedung Gradika.

Bantuan ini merupakan upaya Pemkot Pasuruan dalam mengentaskan kemiskinan dan perlindungan terhadap masyarakat berpenghasilan rendah. Juga kemungkinan resiko perlu memenuhi salah satu kebutuhan dasar yaitu berupa rumah layak huni.

BACA JUGA:7 Laptop dan Mobdin Belum Kembali, DPRD Kota Pasuruan Kejar Pengembalian Aset

Walikota Gus Ipul menyampaikan harapannya agar RTLH di Kota Pasuruan bisa dijalankan dengan lancar. Sehingga masyarakat di Kota Pasuruan dapat hidup dengan menempati hunian yang layak. Masyarakatpun bisa lebih nyaman dan menerapkan hidup bersih.

“Tentu penyaluran bantuan ini bersyarat agar tepat sasaran. Sehingga harus kita cermati. Jika RTLH ini telah dilaksanakan, maka akan menciptakan kehidupan yang nyaman dan hidup bersih,” bebernya.

Gus Ipul menyebut, perbaikan rumah tidak layak huni ini difokuskan pada tiga bagian penting. Yakni atap, lantai, dinding dan terutama toilet. 

“Dalam proses ini kami akan terus pantau supaya bantuan senilai Rp 17,5 juta ini benar tepat sasaran.  Sehingga dana yang kita salurkan tidak dipergunakan untuk kepentingan lain,” sambungnya.

BACA JUGA:AKBP Teddy Chandra: Anggota Terlibat Penyalahgunaan Narkoba Direkomendasikan Pecat

Bantuan RTLH di Kota Pasuruan pada 2024 sebanyak 300 rumah yang direalisasikan melalui DPRKP. Gus Ipul menekankan bantuan ini merupakan bantuan RTLH dan bukan bantuan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menekankan bahwa bantuan ini mutlak untuk layak huni. Apabila di belakang hari terdapat penggunaan bantuan tidak sesuai ketentuan akan menjadi tanggung jawab masing-masing penerima manfaat itu sendiri,” tegas Gus Ipul.

Dalam pertemuan ini, Gus Ipul berkesempatan meminta secara lansung testimoni warga yang telah mendapatkan bantuan RTLH di tahun 2023. Ia berpesan untuk warga yang mendapatkan bantuan RTLH bisa merealisasikannya dengan baik.

BACA JUGA:Dramatis, Proses Evakuasi Kakek Terjebur di Sungai Gembong

“Saya akan meminta secara langsung testimoni dari warga yang telah mendapatkan bantuan RTLH di tahun kemarin. Saya melihat dari tampilan foto rumahnya sudah terlihat bagus dan layak untuk dihuni warga,” cetusnya.

Di tempat yang sama, Dina dari warga Bintingan memberikan testimoninya sebagai warga yang telah mendapatkan bantuan RTLH. Ia menyampaikan rumah barunya bisa ditempati dengan layak. Sehingga bisa menjalankan kehidupannya dengan nyaman dan bahagia.

Sumber: